Masrukhan, Masrukhan (2024) INTEGRASI KITAB FATḤUL QARĪB KARYA SYEKH IBNU QᾹSIM AL-GĀZĪ DENGAN PEMBELAJARAN FIKIH KURIKULUM DI MTs SALAFIYAH KAJEN MARGOYOSO PATI. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300104_fullpdf.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300104_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (146kB) |
Abstract
Pengajaran kitab kuning di Madrasah merupakan sebuah implementasi dari Visi dan Misi Madrasah sebagai lembaga pendidikan sekaligus lembaga dakwah. Karena diketahui semua Madrasah menggunakan kitab kuning dalam pembelajaran fikih . maka dari itu, untuk menjaga eksistensi pembelajaran kitab kuning di Madrasah, pelaksanaan, perencanaan pembelajaran menjadi fokus yang harus ddikembangkan di MTs Salafiyah Kajen Pati sebagai bagian kommprehensif pengembangan madrasah dibidang kitab kuning, hal ini ditekankan karena pembelajaran fikih dengan kitab kuning menjadi kunci keberhasilan proses pembelajaran di MTs Salafiyah itu sendiri. Fokus penelitian ini bertujuan untuk: 1) untuk mengetahui metode yang diterapkan pembelajaran fikih dengan kitab Fatḥul Qarīb; 2) untuk mengetahui integrasi Kitab Fatḥul Qarīb karya Syekh Ibnu Qāsim Al-Gāzī dengan pembelajaran fikih kurikulum ; 3) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dimana jenis penelitiannya bersifat Field Research yaitu merujuk pada kegiatan yang sedang berlangsung, yakni bahwa penelitian yang akan dilakukan bukan menciptakan yang baru semata. Teknik Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, interview, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) menurut metode yang diterapkan saat pembelajaran menggunakan metode wetonan atau bandongan dan metode sorogan, tanya jawab, dan diskusi. 2) hasil dari integrasi pembelajaran melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran menghasilkan siswa bisa menulis, membaca, dan memahami kitab Fatḥul Qarīb.3) faktor pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran fikih dengan kitab Fatḥul Qarīb berupa guru yang memiliki wawasan luas, sarana dan prasarana yang memadai, minat belajar siswa terhadap pembelajaran kitab kuning, lingkungan belajar yang aktif dan interaktif sehingga kegiatan pembelajar tidak hanya terjadi satu arah saja. Sedangkan faktor penghambatnya berupa siwa yang merasa mengantuk saat proses pembelajaran, siswa kelas VII belum mengetahui dan mempelajari sebelumnya kitab Fatḥul Qarīb, latar belakang siswa yang berbeda-beda, semangat siswa dalam proses belajar kitab kuning sering naik turun, kurangnya kemampuan siswa dalam membaca al-Qur’an dan kitab Fatḥul Qarīb. Kata Kunci: Integrasi, Kitab Fatḥul Qarīb, fikih kurikulum
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 19 Feb 2025 01:32 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37642 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |