MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MI KHOIRIYATUL ULUM TEGALHARJO TRANGKIL PATI

Masruh, Masruh (2024) MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MI KHOIRIYATUL ULUM TEGALHARJO TRANGKIL PATI. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300103_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300103_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15kB)

Abstract

Manajemen kepala madrasah sangat berpengaruh terhadap kompetensi guru dalam meningkatkan kinerja guru. Artinya manajemen kepala madrasah dalam memimpin Lembaga Pendidikan khusunya dalam mengelola sumber daya manusia untuk memaksimalkan proses belajar mengajar sangat urgen. Oleh karena itu manajemen kepala madrasah sangatlah diharapkan karena hal itu cukup memberi kontribusi di dalam upaya memotivasi para guru didalam madrasah yang dipimpin. Peningkatan kualitas Pendidikan dapat tercapai apabila guru mampu mengembangkan kompetensinya dalam hal pembelajaran. Kepala madrasah sebagai manajer Pendidikan mempunyai peran yang sangat nyata dalam upaya peningkatan kompetensi pedagogik guru. Penelitian adalah bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi guru terutama kompetensi pedagogik guru madrasah ibtidaiyah khoiriyatul ulum Tegalharjo Trangkil Pati. Bagaimana pelaksanaan kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogic guru MI Khoiriyatul ulum Tegalharjo trangkil Pati. Bagaimana pengorganisasian kepala madrasah dan pengawasan kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogic guru di MI khoiriyatul ulum Tegalharjo Trangkil Pati. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif. Adapun Teknik pengumpulan datanya yaitu observasi, wawncara, dan dokumentasi. Dan Analisa datanya menggunakan miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian dilapanagn dapat disimpulkan bahwa, manajemen kepala madrasah dijadikan pedoman dan arah dalam meningkatkan kompetensi guru sehingga guru mampu memahami peserta didik dengan memanfaatkan prinsip - prinsip perkembangan kognitif, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan potensi yang dimilikinya. Kepala madrasah dalam pelaksanaan rencana melibatkan semua komponen dalam madrasah sehingga kepala madrasah mampu melaksanakan tugasnya dengan baik. Kepala madrasah selalu melaksanakan pengawasan dalam proses pembelajaran sehingga memberikan dampak yang positif pada guru dan dapat mengembangkan kompetensinya dalam melaksanakan tugas sebagai pengajar. Strategi kepala madrasah dalam menegakkan kedisiplinan, memberikan keteladanan, membuka ruang komunikasi antar guru dan segenap unsur dalam madrasah, menjadikan segala kendala yang ada dapat teratasi sehingga berdampak pada meningkatnya kinerja guru terutama guru Pendidikan Agama Islam di MI Khoiriyatul ulum. Kendala yang dihadapi kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi guru dapat diatasi dengan melakukan pembinaan serta motivasi terhadap guru Pendidikan Agama Islam dan warga madrasah, pemberdayaan SDM (guru), dan penyediaan sarana prasarana. Kata Kunci : Manajemen Kepala Madrasah, Kompetensi Pedagogik Guru PAI.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 18 Feb 2025 01:36
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37641

Actions (login required)

View Item View Item