STRATEGI TERINTEGRASI KARTU SIMPEL DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK MA NU LUTHFUL ULUM KABUPATEN PATI

Syaeani, Makhrus (2024) STRATEGI TERINTEGRASI KARTU SIMPEL DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK MA NU LUTHFUL ULUM KABUPATEN PATI. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300098_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300098_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)

Abstract

Penelitian ini mengangkat permasalahan yang pada umumnya terjadi disemua jenjang pendidikan, tidak terkecuali MA NU Luthful Ulum Pati, yaitu : kedisiplinan peserta didik dan strategi terintegrasi kartu simpel yang diterapkan oleh guru dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik tersebut. Maka, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Bagaimana gambaran kedisiplinan siswa MA NU Luthful Ulum. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi kedisiplinan siswa, dan (3) Strategi terintegrasi kartu simpel dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik MA NU Luthful Ulum Pati. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data-data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan pendekatan induktif serta menggunakan uji validitas dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : strategi yang digunakan oleh guru dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik di MA NU Luthful Ulum Pati menggunakan strategi terintegrasi kartu simpel sebagai berikut: (1) Menerapkan kartu simpel (surat izin mengikutipelajaran) bagi segenap siswa yang taat peraturan, beserta poin yang bagi siswa yang melanggar kedisiplinan. (2) Memberikan bimbingan keilmuan dan 1 pint bagi siswayang melakukan pelanggaran kerapian dan kelengkapan atribut seragam. (2) Memberikan bimbingan keagamaan dan 3 poin bagi siswa yang melakukan pelanggaran datang terlambat ke sekolah. (3) Memberikan bimbingan kesehatan dan 4 poin bagi siswa yang melakukan pelanggaran ketidakhadiran mengikuti pelajaran. (4) Memberikan bimbingan kebersihan dan 5 poin bagi siswa yang melakukan pelanggaran ketidakhadiran tanpa keterangan. Kata kunci : strategi, kedisiplinan, bimbingan, kartu simpel.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 14 Feb 2025 01:48
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37636

Actions (login required)

View Item View Item