ANALISA STRATEGI PEMASARAN GUNA MENINGKATKAN DAYA SAING PERUSAHAAN MENGGUNAKAN METODE SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threats ) dan TOPSIS (Studi Kasus UMKM JITU BAKERY)

Umam, Muhammad Khoirul (2024) ANALISA STRATEGI PEMASARAN GUNA MENINGKATKAN DAYA SAING PERUSAHAAN MENGGUNAKAN METODE SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threats ) dan TOPSIS (Studi Kasus UMKM JITU BAKERY). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Teknik Industri_31602000052_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Teknik Industri_31602000052_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17kB)

Abstract

Desa Bugo Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara sudah terkenal dengan sebutan sentra industri roti dan kue. UMKM Jitu Bakery merupakan salah satu industri roti dan kue di sentra tersebut. UMKM Jitu Bakery memproduksi empat jenis roti yaitu donat, pia kacang, pia kelapa dan roti isi pisang. Produksi UMKM berdasarkan permintaan dari distributor. Hasil observasi menunjukkan bahwa terdapat permasalahan yang terjadi pada UMKM yaitu tingginya tingkat kompetitor yang terdapat disekitar lokasi UMKM yaitu 65 usaha sejenis dan 16 yang menjadi pesaing UMKM Jitu Bakery berdasarkan jumlah produksi dan terdapat masalah lain yaitu permintaan yang tidak stabil dan cenderung menurun. Oleh karena itu, UMKM Jitu Bakery perlu membuat strategi guna meningkatkan daya saing perusahaan yang nantinya dapat meningkatkan penjualan. Pada penelitian ini menggunakan metode SWOT dan TOPSIS. Metode SWOT digunakan pendekatan bauran pemasaran untuk mengidentifikasi faktor (kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman) yang nantinya menghasilkan alternatif strategi. Metode TOPSIS untuk mengurutkan alternatif strategi yang terbaik yaitu dari yang nilainya terbesar. Berdasarkan pengolahan data dan analisis, pada metode SWOT diketahui posisi perusahaan pada kuadran I. Oleh karena itu strategi yang digunakan yaitu strategi Strength-Opportunity (SO) dengan 5 alternatif strategi. Selanjutnya pada perhitungan TOPSIS didapatkan hasil urutan alternatif strategi yaitu : (1) menambah variasi produk dengan nilai preferensi 0,495, (2) menambah sistem pemasaran jangan hanya mengandalkan distributor bisa melalui sosial media dan kerjasama dengan petani dengan nilai preferensi 0,482, (3) mempertahankan harga jual yang terjangkau dengan nilai preferensi 0,480, (4) mempertahankan kualitas produk yang sudah terjamin agar konsumen yakin dengan produk yang dibeli dengan nilai preferensi 0,432, (5) mengembangkan kemasan produk dengan nilai preferensi 0,323. Kata Kunci : Bauran Pemasaran, Strategi Pemasaran, SWOT, TOPSIS, UMKM.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 14 Feb 2025 01:37
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37588

Actions (login required)

View Item View Item