ANALISA STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN METODE SWOT( STRENGTH, WEAKNESS, OPPORTUNITY, THREATS ) DAN AHP ( ANALITICAL HIERACHI PROCESS ) (Studi Kasus : UMKM SLR Bird Cage Di Jepara)

Pamungkas, Anang (2024) ANALISA STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN METODE SWOT( STRENGTH, WEAKNESS, OPPORTUNITY, THREATS ) DAN AHP ( ANALITICAL HIERACHI PROCESS ) (Studi Kasus : UMKM SLR Bird Cage Di Jepara). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Teknik Industri_31601800119_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] Text
Teknik Industri_31601800119_fullpdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

UMKM SLR Bird Cage merupakan sebuah toko yang bergerak di bidang kebutuhan dan perlengkapan hewan peliharaan khususnya burung yang berdiri sejak bulan September 2019. UMKM ini terletak cukup strategis yaitu ditengah-tengah pemukiman warga tepatnya di Desa Kalipucang Wetan Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara dan memiliki toko Offline di Jakarta tepatnya di tengah-tengah Pasar Pramuka Jakarta Utara. Persaingan usaha dalam bidang penjualan sangkar burung bermacam-macam merek semakin ketat, dalam hal penawaran produk yang dijual para pelaku usaha bersaing dengan bermacam-macam cara agar dapat menarik pelanggan melalui produk yang dijualnya. Pemasaran merupakan hal terpenting dalam pengelolaan perusahaan, strategi pemasaran yang sesuai akan mempengaruhi kesuksesan perusahaan untuk menggapai tujuannya, maka dari itu dibutuhkan strategi yang dapat menarik calon pelanggan untuk membeli produk yang ditawarkan oleh penjual. Pada tahun 2020 Toko SLR Bird Cage mengalami penurunan penjualan karena kurang optimalnya strategi pemasaran membuat para konsumen lebih tertarik dan memilih belanja secara online melalui toko atau marketplace lain yang lebih banyak memberikan promo menarik sehingga omzet tersebut tidak lagi tercapai. Dari hasil analisi SWOT didapatkan alternatif Strategi SO (Strength Opportunity), Strategi WO (Weakness Opportunity) yaitu Membentuk tim manajemen sehingga manajemen UMKM dapat terorganisir secara rapi dan membentuk tim admin yang bertugas mengelola media sosial seperti shopee, tokopedia, tiktok dan instagram untuk membuat konten promosi yang menarik sehingga dapat menarik calon pembeli dari dalam maupun luar negeri. Membangun kerja sama dengan beberapa pihak seprti toko retail di wilayah yang potensial untuk sangkar burung, kerja sama dengan seniman lokal untuk desain motif lebih bervariasi, kerja sama dengan pengelola objek wisata untuk membuat event dan lomba kicau mania, dan bekerja sama dengan pihak jasa kirim untuk mendapatkan bantuan dalam proses pengiriman produk. Melakukan pengemasan produk sangkar burung dengan menggunakan palet kayu serta melakukan inovasi produk dengan meningkatkan kualitas bahan baku. Kata Kunci : AHP, Pemasaran, Penurunan Penjualan, SWOT

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 14 Feb 2025 01:34
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37581

Actions (login required)

View Item View Item