PERANCANGAN PERBAIKAN STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN ONLINE PADA INSTAGRAM IWEARYUSFI.ID DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DAN BENCHMARKING

Aslam, Achmad Riza (2024) PERANCANGAN PERBAIKAN STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN ONLINE PADA INSTAGRAM IWEARYUSFI.ID DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DAN BENCHMARKING. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Teknik Industri_31601700004_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601700004_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB)

Abstract

Iwearyusfi.id adalah salah satu industri fashion yang terletak di dearah Pati khusunya Jakenan yang berdiri pada tahun 2019. Iwearyusfi.id menjual produknya berupa dresss, blouse, jilbab segi empat, dan jilbab pasmina. Saat ini iwearyusfi.id memasarkan produknya secara online dan offline. Salah satu faktor penyebab adanya gap antara jumlah kuantitas penjualan dengan target penjualan. Salah satu faktor yang menyebabkan ketidakcapaian target pendapatan yaitu rendahnya startegi masyarakat terhadap iwearyusfi.id dibandingkan dengan brand kompetitor lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan perbaikan program komunikasi pemasaran Iwearyusfi.id agar dapat mencapai target penjualan dan dapat meningkatan brand awareness dengan metode Benchmarking dan Analytical Hierarchy Process (AHP). Dengan menggunakan metode Benchmarking didapatkan perancangan komunikasi pemasaran terbaik dari kompetitor lainnya yang kemudian dianalisis dan diterapkan oleh Iwearyusfi.id dengan harapan dapat meningkatkan brand awareness. Hasil penelitian ini didapatkan partner benchmarking terpilih yaitu Yapp.Official sebagai partner benchmark terpilih. Rekomendasi komuniakasi pemasaran yang diusulkan adalam menambah informasi produk packaging produk dan melakukan kerjasama influencer. Pada promosi dan penjualan memiliki platform untuk menerapkan pemberian discount produk pay day sale disetiap bulannya, menerapkan bundling package, daan memberikan shipping ke seluruh wilayah setiap melakukan pembelian produk, mengikuti acara pameran secara rutin, melakukan publikasi artikel melalui media online, memiliki jadwal pada penggunaan Instagram agar konsisten dalam penerapan, menggunakan WhatsApp Business sebagai customer service untuk sarana keluhan konsumen, dan menggunakan platform penjualan produk secara online selain shopee dan menerapkan penggunaan e-catalog untuk memberikan informasi produk secara lengkap, serta memiliki toko fisik dalam penjualan produk secara offline. Kata Kunci : Program Komunikasi pemasaran, AHP, Benchmarking, Brand Awareness

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 03 Feb 2025 06:25
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37423

Actions (login required)

View Item View Item