PERAN BRAND AMBASSADOR DAN SHOPPING EXPERIENCE TERHADAP REPURCHASE INTENTION DENGAN E-TRUST SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA MARKETPLACE TOKOPEDIA GEN Z DI SEMARANG

Aziza, Naily Nihla (2024) PERAN BRAND AMBASSADOR DAN SHOPPING EXPERIENCE TERHADAP REPURCHASE INTENTION DENGAN E-TRUST SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA MARKETPLACE TOKOPEDIA GEN Z DI SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Manajemen_30402000256_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Manajemen_30402000256_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)

Abstract

Generasi semakin menyadari kebutuhan yang pesat dan terus berkembang mengakibatkan mereka terus mencari tempat untuk berbelanja yang mudah, terjamin kualitasnya, dan juga lebih menghemat waktu, serta tenaga. Dari situ, bermunculan toko-toko yang beralih dari toko offline menjadi toko online atau yang sering disebut dengan marketplace. Marketplace di Indonesia telah mengalami pertumbuhan yang pesat dalam beberapa tahun belakangan. Perkembangan bisnis yang cukup melonjak pada marketplace ini mengakibatkan banyak pihak berpindah haluan dari yang tadinya hanya mengandalkan pelanggan di sekitar daerah toko tersebut menjadi beralih menjangkau pelanggan dari berbagai daerah tanpa melalui kontak langsung antara penjual dan pembeli. Dalam pembelian online, salah satu marketplace yang mengalami peminatan pembelian fluktuatif yaitu Tokopedia. Tokopedia yang mengalami pengunjung fluktuatif tiap tahunnya. Tokopedia melakukan pemasaran besar-besaran dan sering melakukan promosi tanggal kembar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Brand Ambassador dan Shopping Experience terhadap Repurchase Intention dengan E-trust sebagai variabel intervening pada marketplace Tokopedia pada Gen Z di Semarang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer didapatkan peneliti dari penyebaran kuesioner kepada responden. Jumlah responden yang digunakan yaitu 100 responden. Sementara, data sekunder diperoleh dari studi Pustaka seperti data dari buku, internet, jurnal, makalah, artikel, dan lain sebagainya. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi pengolah data statistic yaitu SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Brand Ambassador dan Shopping Experience keduanya berpengaruh terhadap Repurchase Intention dan E-trust, namun E-trust tidak berpengaruh signifikan terhadap Repurchase Intention. Kata Kunci: Brand Ambassador, Shopping Experience, Repurchase Intention, Etrust

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 03 Feb 2025 06:18
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37408

Actions (login required)

View Item View Item