Ahsan, Farhan Nuril (2024) PENINGKATAN KINERJA PEMASARAN MELALUI ORIENTASI PASAR DAN ORIENTASI WIRAUSAHA DENGAN INOVASI PRODUK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Penelitian pada UMKM kopi di Kab. Kendal). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Manajemen_30402000142_fullpdf.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Manajemen_30402000142_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (51kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kinerja pemasaran melalui orientasi pasar dan orientasi wirausaha dengan inovasi produk sebagai variabel intervening (Penelitian pada umkm kopi di Kab. Kendal). Pada penelitian ini menggunakan pendekatan explanatory research dengan pengambilan data menggunakan kuesioner. Subjek populasi pada penelitian ini yaitu seluruh UMKM kopi di Kabupaten Kendal. Jumlah pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden yang diperoleh dengan menggunakan Lemeshow. Rumus pengambilan sample menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Metode penelitian melalui program IBM SPSS 25. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif, uji instrument, uji asumsi klasik, uji hipotesis, uji koefisien determinan R 2 , dan uji sobel. Berdasarkan penelitian yang dilakukan terdapat beberapa temuan yaitu orientasi pasar berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran, orientasi wirausaha berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran, inovasi produk berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran dan inovasi produk juga dapat mempengaruhi kinerja pemasaran sebagai interverning. Kata Kunci : Kinerja Pemasaran, Inovasi Produk, Orientasi Pemasaran, dan Orientasi Wirausaha.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 30 Jan 2025 03:21 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37341 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |