EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA ASSEMBLR EDU BERBASIS AUGMENTED REALITY TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG

Afia, Ayun Nia (2024) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA ASSEMBLR EDU BERBASIS AUGMENTED REALITY TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Matematika_34202000010_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Pendidikan Matematika_34202000010_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB)

Abstract

Pentingnya meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa menjadi salah satu upaya yang harus dilakukan oleh tenaga pendidik. Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan literasi numerasi, media Assemblr EDU berbasis augmented reality merupakan salah satu media pembelajaran berbasis teknologi yang menarik dan interaktif yang menyediakan alat luar biasa untuk meningkatkan pengalaman berinteraksi dengan kenyataan. Tujuan penelitian ini untuk menyelidiki efektivitas penggunaan media Assemblr EDU berbasis augmented reality dalam meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa pada materi bangun ruang. Metodologi penelitian ini berpedoman pada pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen (one group pretest-posttest design). Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan literasi numerasi kepada 33 siswa SMP IT Roudhotus Sholihin Sayung Demak. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas Shapiro Wilk, One sample t-test, paired sample t-test, dan N-gain. hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Assemblr EDU berbasis augmented reality merupakan media yang efektif diterapkan untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa pada materi bangun ruang yang dapat dibuktikan dengan hasil analisis dan pembahasan, didapati bahwa (1) terdapat pencapaian rata-rata hasil belajar siswa sesudah menggunakan media Assemblr EDU berbasis AR sebesar 83.96; (2) terdapat peningkatan yang signifikan dalam kemampuan literasi numerasi siswa sebelum dan sesudah menggunakan media Assemblr EDU berbasis AR. Kata Kunci: Literasi Numerasi, Assemblr EDU, Augmented Reality.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 30 Jan 2025 06:18
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37295

Actions (login required)

View Item View Item