KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATERI LINGKARAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN TEMUROSO 2

Najihah, Najihah (2024) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATERI LINGKARAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN TEMUROSO 2. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000057_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000057_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan pemahaman konsep materi lingkaran pada siswa kelas V SDN Temuroso 2. Penggunaan model pembelajaran yang belum inovatif yakni model belajar konvensional terjadi pada jenjang Sekolah Dasar terutama pada mata pelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap pemahaman konsep materi lingkaran dan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep materi lingkaran siswa sudah memenuhi KKM. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis True-Experimental Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berupa lembar tes pemahaman konsep lingkaran. Hasil uji hipotesis 1 menggunakan uji Homogenitas menunjukkan bahwa nilai sig. sebesar nilai sig. 0,473 > 0,05 maka data hasil posttest adalah homogen sedangkan nilai angket sig. 0,819 > 0,05 maka hasil angket juga homogen. Berdasarkan uji Independent T test nilai posttest sig.(2-tailed) sebesar 0,29 > 0,05 maka ada perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, sedangkan nilai angket memperoleh nilai sig. 0,389 > 0,05 maka ada perbedaan signifikan juga pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hipotesis 2 uji one sample t-test diperoleh nilai t hitung > -t tabel (3.784 > -1.676), maka Ho diterima. Kedua variabel tersebut memiliki nilai sig. yang lebih besar dari taraf signifikasi 0,05. Artinya model pembelajaran Problem Based Learning efektif terhadap pemahaman konsep materi lingkaran pada siswa kelas V SDN Temuroso 2. Kata kunci: Problem Based Learning, Pemahaman Konsep Lingkaran, Matematika, Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jan 2025 07:53
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37283

Actions (login required)

View Item View Item