PENGARUH MODEL PROBLEM POSING LEARNING BERBANTU MEDIA STICK POUCH DAN PLATFORM QUIZIZZ TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN SEMBUNGHARJO 02

Hidayat, Fajar Wahyu (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM POSING LEARNING BERBANTU MEDIA STICK POUCH DAN PLATFORM QUIZIZZ TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN SEMBUNGHARJO 02. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000034_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000034_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengaruh dari model problem posing learning berbantu media stick pouch dan platform Quizizz terhadap prestasi belajar kognitif. Prestasi belajar kognitif matematika siswa kelas V tergolong rendah dikarenakan proses pembelajaran masih menggunakan model pembelajaran konvensional dan belum menggunakan media pembelajaran inovatif. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan model problem posing learning berbantu media stick pouch dan platform Quizizz terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas V SDN Sembungharjo 02. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif jenis pre-experimental design. Desain yang digunakan one group pretest-posttest. Populasi dan sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SDN Sembungharjo 02 sebanyak 27 siswa. Teknik pengumpulan data melalui tes dengan instrument penelitian pretest dan posttest. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji Paired Sample T Test yang menunjukkan bahwa Lower bernilai negatif dan Upper bernilai negatif atau Sig. = 0,000 < α = 0,05 maka Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran problem posing berbantu media stick pouch dan platform Quizizz terhadap prestasi belajar kognitif siswa. Pada hasil uji gain ternormalisasi diperoleh nilai 0,56 berkategori sedang sehingga dapat dikatakan bahwa model problem posing learning berbantu media stick pouch dan platform Quizizz dapat meningkatkan prestasi belajar kognitif siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Posing, Stick Pouch, Quizizz, Prestasi Belajar Kognitif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jan 2025 04:20
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37280

Actions (login required)

View Item View Item