PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SD NEGERI TEMUROSO 2

JANAH, FADILA MIFTAKHUL (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SD NEGERI TEMUROSO 2. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000033_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000033_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siwa kelas IV SD Negeri Temuroso 2. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain metode one-group pre test-posttest design. Sampel yang diambil menggunakan non probability sampling dengan sampling jenuh. Dari sampel 25 siswa dan semua siswa ikut berpartisipasi. Hasil uji normalitas data menunjukkan hasil pretest dan hasil posttest normal dan berpengaruh terhadap hasil berpikir kritis siswa. Uji hipotesis menggunakan uji paired sample t-test menunjukkan pengaruh hasil berpikir kritis siswa pada muatan pendidikan pancasila. Nilai signifikasi pada Pretest sebesar 0,075 > 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa data hasil pretest berdistriburi normal. Dan untuk nilai signifikasi pada posttes sebesar 0,091 > 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa data hasil posttest juga berdistribusi normal. Selain itu dilihat juga dari uji paired sample t-test nilai sig. ditulis 0,000 < 0,05. Sementara itu, nilai sig. (2-tailed) < α maka Ho mengalami penolakan. Sehingga disimpulkan model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila siswa kelas IV SDN Temuroso 2. Kata Kunci: Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis ,Pendidikan Pancasila, Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jan 2025 04:19
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37279

Actions (login required)

View Item View Item