PENGARUH PEMBELAJARAN BERBANTUAN GAME WORDWALL PADA PEMBELAJARAN IPAS TERHADAP PRESTASI DAN MINAT BELAJAR KELAS V SDN TAMBAKROTO

PRASETYO, BAGUS TRY (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBANTUAN GAME WORDWALL PADA PEMBELAJARAN IPAS TERHADAP PRESTASI DAN MINAT BELAJAR KELAS V SDN TAMBAKROTO. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000022_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000022_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB)

Abstract

Permasalahan yang ada pada penelitian ini yaitu kurang prestasi dan minat belajar siswa ditunjukan seperti halnya saat guru menyampaiakan materi didalam kelas banyak siswa yang merasa jenuh, asik bermain dengan teman disamping, dan ada siswa yang mengantuk saat guru sedang menyampaikan materi pembelajaran. Dalam meningkatkan kualitas Pendidikan dibutuhkan sebuah inovasi yang seiring dengan perkembangan zaman. Inovasi tersebut di masukkan ke dalam proses pembelajaran yang efektif dan efisien, guru berperan penting dalam proses pembelajaran beberapa hal salah satunya dalam media yang digunakan untuk menyampaikan materi yaitu menggunakan game wordwall memiliki tampilan yang menarik dalam bentuk permainan yang membuat siswa tidak merasa bosan saat pembelajaran berlangsung. Sehingga siswa dapat dengan mudah memahami materi, penggunaan media wordwall dapat mendorong siswa untuk lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Analisis kuantitatif menggunakan uji instrumen tes yang terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas, uji data awal meliputi uji normalitas,, uji homogenitas, analisis data akhir meliputi, uji normalitas, uji independen sampel tes, uji paired sampel tes. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menyatakan pembelajaran berbantuan game wordwall berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas V. Hal ini dibuktikan dari hasil uji independent sampel tes pada kolom sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil dari uji independent sampel tes juga menyatakan bahwa pembelajaran berbantuan game wordwall berpengaruh signifikan terhadap minat belajar siswa kelas V. Hal ini dibuktikan pada kolom sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci: Wordwall, Minat,Prestasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jan 2025 04:18
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37278

Actions (login required)

View Item View Item