ABDULLAH, THAARIQ (2024) PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPA TEMA 6 (PANAS DAN PERPINDAHANNYA) DI KELAS V SD NEGERI 2 GUWO KECAMATAN WONOSEGORO SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900082_fullpdf.pdf Download (2MB) |
|
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900082_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (50kB) |
Abstract
Kata kunci: Diskusi Kelompok, Panas dan Perpindahannya Penelitian Tindakan Kelas ini dilatar belakangi oleh pembelajaran yang dilaksanakan di SD Negeri 2 Guwo, bahwa teknik pembelajaran yang digunakan masih kurang menarik siswa, sehingga prestasi belajar siswa untuk belajar relatif rendah. Mengingat hal tersebut, sebaiknya penyampaian pelajaran dengan metode pembelajaran yang menarik sangat diharapkan, karena aktivitas belajar pada anak tergantung pada cara Siswa dalam menyampaikan pelajaran. Oleh karena itu peneliti berharap model diskusi kelompok dalam meningkatkan Hasil belajar siswa dalam Proses Pembelajaran Pada Tema 6 (Panas dan Perpindahannya). Pembelajaran model diskusi kelompok ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penulisan PTK ini adalah Apakah penerapan model diskusi kelompok dapat meningkatkan hasil belajar Tema 6 (Panas dan Perpindahannya) pada siswa dalam Proses Pembelajaran Sekolah Dasar Negeri 2 Guwo ? Bagaimana aktivitas belajar siswa dalam pelaksanaan model diskusi kelompok pada Tema 6 (Panas dan Perpindahannya) pada Siswa dalam Proses Pembelajaran Sekolah Dasar Negeri 2 Guwo ? Secara umum tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan model diskusi kelompok. . Penelitian ini menggunakan penelitian Tindakan Kelas . Dalam PTK tahap penelitian terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Dalam penelitian ini menggunakan dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, catatan lapangan, wawancara, tes, dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk mengamati siswa terhadap pembelajaran dengan model diskusi kelompok Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan model diskusi kelompok dapat meningkatkan Hasil belajar siswa dalam Proses Pembelajaran. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata hasil tes awal 59.7 pada siklus I menjadi 65.8 dan pada siklus II naik menjadi 76.4
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 24 Jan 2025 04:17 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37277 |
Actions (login required)
View Item |