Alviani, Yenni (2024) PENGGUNAAN TINDAK TUTUR EKSPRESIF DALAM INTERAKSI ANTAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA FASE D MTS DARUL ULUM PURWOGONDO JEPARA DAN IMPLEMENTASINYA TERHADAP MATERI AJAR MENULIS TEKS DRAMA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia_34102000026_fullpdf.pdf Download (2MB) |
|
Text
Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia_34102000026_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (148kB) |
Abstract
Tuturan yang diujarkan pada setiap interaksi manusia memiliki maksud dan makna tertentu. Adanya tindak tutur ekspresif maka dapat mengetahui bagaimana makna dalam setiap tuturan seseorang. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaiamana bentuk, fungsi tindak tutur ekspresif antar peserta didik dan implementasinya terhadap materi ajar menulis teks drama. Metode penelitian yang digunakan ialah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah yaitu tuturan antar peserta didik pada pembelajaran bahasa Indonesia fase D Mts Darul Ulum Purwogondo Jepara dan data dalam penelitian ini yaitu bentuk tindak tutur ekspresif dalam tuturan antar peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan Teknik simak-catat. Kemudian data yang diperoleh dianalisis. Penelitian ini menunjukkan data yang diperoleh oleh peneliti sebanyak 30 data tindak tutur ekspresif. Bentuk tindak tutur ekspresif langsung berjumalah 24 data, dan tindak tutur tidak langsung 6. Data bentuk tindak tutur ekspresif langsung mengucapkan terima kasih sebanyak 5 data, mengeluh sebanyak 4 data, memotivasi sebanyak 1 data, menasehati sebanyak 6 data, meminta maaf sebanyak 2 data, menyalahkan sebanyak 3 data, memuji 2 data, mengucapkan selamat sebanyak 1 data, dan menggoda sebanyak 1 data. Bentuk tindak tutur ekspresif tidak lansung mengkritik sebanyak 4 data dan menyindir sebanyak 1 data. Hasil penelitian tindak tutur ekspresif dalam interaksi antar peserta didik pada pembelajaran bahasa Indonesia fase D Mts Darul Ulum Purwogondo Jepara dapat diimplementasikan terhadap materi ajar menulis teks drama. Pendidik dapat menggunakan hasil penelitian sebagai bahan ajar yang disampaikan pada modul ajar sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Dari hasil penelitian ada beberapa data yang ditemukan dapat dijadikan sebagai implementasi dalam menulis teks drama. Kata Kunci: Bentuk tindak tutur ekspresif, fungsi tindak tutur ekspresif, implementasi pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 24 Jan 2025 04:10 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37274 |
Actions (login required)
View Item |