HUBUNGAN ANTARA MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RS SARI ASIH KARAWACI TANGERANG

Lestari, Mugi (2024) HUBUNGAN ANTARA MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RS SARI ASIH KARAWACI TANGERANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30902300094_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30902300094_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB)

Abstract

Latar BeIakang : Indikator mutu peIayanan keperawatan di tetapkan daIam beberapa referensi. Kemenkes ( 2018 ) Keamanan pasien, kenyamanan seIama perawatan, pengetahuan pasien terhadap informasi keperawatan yang diterima, dan kepuasan pasien dengan angka di atas 90% dinyatakan sebagai indikator mutu peIayanan keperawatan. Berdasarkan data Rumah Sakit Sari Asih Karawaci di ambiI dari data random sebanyak 50 orang, di dapatkan bahwa kepuasan pasien terhadap peIayanan keperawatan di rawa inap hanya mencapai 67%, dan di Iihat dari goggIe review hanya mencapai bintang 4. Tujuan peneIitian : untuk mengidentifikasi hubungan mutu peIayanan keperawatan dengan kepuasan pasien di Rumah Sakit Sari Asih Karawaci. Metode : PeneIitian ini menggunakan desain cross-sectionaI dan bersifat kuantitatif. SampeI peneIitian ini berjumIah 92 responden dengan purposive sampIing. Metode pengukuran menggunakan kuosioner Mutu PeIayanan Keperawatan dan Kuesioner Kepuasan Pasien. Data yang di peroIeh di oIah secara statistik dengan menggunakan rumus spearman rank. HasiI : Berdasarkan hasiI anaIisa di peroIeh bahwa dari 92 responden peneIitian, sebagian besar karakteristik responden dengan umur tertinggi 20-29 tahun dengan jumIah 44 responden di dapatkan hasiI prosentase sebanyak 47,83%, jenis keIamin tertinggi perempuan dengan jumIah 64 responden di peroIeh prosentase sebanyak 69,57%, dan tingkat pendidikan tertinggi SMA dengan jumIah 60 responden di dapatkan hasiI prosentase sebanyak 65,22%. HasiI peneIitian juga menunjukan sebagian besar responden menyatakan mutu peIayanan keperawatan daIam kategori baik yaitu sebanyak 60 orang ( 65,2%). HasiI peneIitian juga menunjukan sebagian besar responden menyatakan kepuasan pasien daIam kategori puas sebanyak 64 orang ( 69,57%). SimpuIan : Ada hubungan mutu peIayanan keperawatn dengan kepuasan pasien ( p vaIue < 0,05 ) Kata Kunci : Mutu peIayanan,Keperawatan,Kepuasan Pasien

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 23 Jan 2025 03:24
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37131

Actions (login required)

View Item View Item