PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI BRAND AWARENESS DAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PRODUK UMKM BINAAN BANK INDONESIA PROVINSI KALIMANTAN UTARA

Pramesti, Dian Lestisya (2024) PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI BRAND AWARENESS DAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PRODUK UMKM BINAAN BANK INDONESIA PROVINSI KALIMANTAN UTARA. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Manajemen_20402300142_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Magister Manajemen_20402300142_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pemasaran digital terhadap keputusan pembelian produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang dibina oleh Bank Indonesia di Provinsi Kalimantan Utara, dengan brand awareness dan brand image sebagai variabel intervening. Dalam era digital saat ini, pemasaran digital telah menjadi strategi utama untuk meningkatkan visibilitas, kesadaran merek, dan citra merek. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan data yang diperoleh melalui kuesioner yang dibagikan kepada 60 responden konsumen atau masyarakat di Kota Tarakan, Kalimantan Utara yang pernah membeli produk UMKM Binaan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Utara Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand awareness dan brand image. Selain itu, brand awareness dan brand image juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Temuan ini menegaskan pentingnya strategi pemasaran digital dalam memperkuat citra merek dan meningkatkan keputusan pembelian produk UMKM di Provinsi Kalimantan Utara. Penelitian ini memberikan kontribusi praktis bagi UMKM untuk meningkatkan pengetahuan dan pemanfaatan pemasaran digital guna memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan penjualan. Penelitian ini juga menyoroti tantangan yang dihadapi UMKM dalam memanfaatkan pemasaran digital secara optimal, seperti keterbatasan pengetahuan digital dan infrastruktur internet yang terbatas di beberapa daerah. Rekomendasi diberikan untuk memperkuat dukungan dan pelatihan terkait pemasaran digital bagi UMKM di wilayah tersebut untuk mencapai hasil yang lebih baik. Kata Kunci: Digital Marketing, Keputusan Pembelian, Brand Awareness, Brand Image, UMKM

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:04
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37125

Actions (login required)

View Item View Item