PERAN GREEN PERCEIVED VALUE, GREEN PERCEIVED QUALITY TERHADAP GREEN PURCHASE INTENTION

SARI, SAPUTRI KARUNIA (2024) PERAN GREEN PERCEIVED VALUE, GREEN PERCEIVED QUALITY TERHADAP GREEN PURCHASE INTENTION. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Manajemen_20402300133_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Manajemen_20402300133_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB)

Abstract

Green Purchase Intention merupakan suatu konsep niat beli konsumen dengan mempertimbangkan produk-produk yang ramah lingkungan. Dimana produk ramah lingkungan menjadi salah satu upaya dalam meminimalisir permasalahan lingkungan. Sudah banyak studi dan kajian-kajian mengenai Green Purchase Intention, tapi bagaimana orientasinya yang dipengaruhi oleh beberapa faktor lain masih menjadi perbandingan suatu kajian. Tujuan dari penelitian ini adalah mengeksplorasi model konseptual tentang bagaimana meningkatkan Green Purchase Intention dengan Green Perceived Value dan Green Perceived Quality serta peran mediasi Green Trust. Responden dalam penelitian ini adalah 100 responden orang yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria seseorang yang pernah melakukan pembelian produk organik Al Barokah. di Semarang. Penelitian empiris ini merupakan explanatory quantitative research dengan menggunakan Structural Equation Model (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS) dengan bantuan program SmartPLS 4 sebagai alat analisis data. Hasil penelitian menggunakan variabel Green Perceived Value, Green Perceived Quality dan Green Trust berpengaruh positif signifikan terhadap Green Purchase Intention. Hal ini menunjukkan bahwa nilai manfaat yang diterima konsumen serta kualitas produk dari produk organik yang baik akan mampu memberikan kepercayaan kepada konsumen terhadap produk organic sehingga mampu meningkatkan minat beli konsumen terhadap produk organik. Temuan penelitian ini dapat memberikan implikasi manajerial bagi produsen produk organik yaitu sebagai gambaran dalam menentukan strategi yang tepat untuk menarik minat beli terhadap produk organik melalui peningkatan Green Perceived Value, Green Perceived Quality serta Green Trust. Kata kunci: Green Perceived Value, Green Perceived Quality, Green Trust, Green Purchase Intention

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 23 Jan 2025 06:07
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37113

Actions (login required)

View Item View Item