MAULANA, MUHAMMAD HENDRA (2024) PENGARUH GREEN MARKETING, PERCEIVED VALUE, DAN ENVIRONMENTAL AWARENESS TERHADAP CUSTOMER REPURCHASE INTENTION MELALUI BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA UMKM MARCO HANDMADE DI KALIMANTAN UTARA. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Magister Manajemen_20402300120_fullpdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
Magister Manajemen_20402300120_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (19kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh green marketing, perceived value, dan environmental awareness terhadap customer repurchase intention dengan brand image sebagai variabel intervening pada UMKM Marco Handmade di Kalimantan Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang melibatkan 130 responden, yang merupakan konsumen dari Marco Handmade. Data dianalisis menggunakan teknik Partial Least Squares (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa green marketing, perceived value, dan environmental awareness memiliki pengaruh signifikan terhadap niat beli ulang (repurchase intention) baik secara langsung maupun melalui brand image. green marketing terbukti meningkatkan loyalitas konsumen dengan mendorong praktik bisnis yang berkelanjutan, sementara perceived value berkontribusi pada peningkatan persepsi konsumen terhadap nilai produk. Namun, kesadaran lingkungan (environmental awareness) memiliki dampak negatif terhadap niat beli ulang, menandakan perlunya komunikasi yang lebih efektif mengenai komitmen lingkungan dari produk yang ditawarkan. Brand image memainkan peran mediasi yang penting dalam memperkuat hubungan antara variabel-variabel tersebut dengan niat beli ulang konsumen. Implikasi kebijakan dari temuan ini menekankan pentingnya dukungan Bank Indonesia dalam penguatan program pembinaan UMKM yang berfokus pada green marketing, peningkatan akses pembiayaan berbasis keberlanjutan, serta digitalisasi UMKM untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan. Kata Kunci: Green Marketing, Perceived Value, Environmental Awareness, Customer Repurchase Intention, Brand Image
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Manajemen |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 06:21 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37084 |
Actions (login required)
View Item |