Steffiani, Azizah Ayu (2024) KONTRIBUSI INFLUENCER DAN MARKETING CONTENT DI INSTAGRAM PADA INDUSTRI AVIASI DAN PARIWISATA TERHADAP CUSTOMER ENGAGEMENT DENGAN VIRAL MARKETING SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI ERA 4.0. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Magister Manajemen_20402300101_fullpdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
Magister Manajemen_20402300101_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mendiskripsikan dan menganalisis pengaruh Influencer terhadap Customer Engagement, Marketing Content terhadap Customer Engagement, Influencer terhadap Viral Marketing, Marketing Content terhadap Viral Marketing, dan Viral Marketing terhadap Customer Engagement. Responden dalam penelitian ini adalah 100 orang yang ditentukan menggunakan ”Convinience Sampling” dengan kriteria wisatawan yang sudah pernah mengunjungi 3 wisata yang dikelola oleh PT. Aviasi dan Pariwisata Indonesia, yaitu Candi Borobudur, Candi Prambanan, dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Penelitian empiris ini merupakan explanatory quantitative reasearch dengan menggunakan Structural Equation Model (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS) dengan bantuan program SmartPLS 3 sebagai alat analisis data. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa Influencer Marketing berpengaruh positif terhadap Viral Marketing Campaigns, kebanyakan orang membagikan konten di media sosial ketika mereka merasal konten tersebut bermanfaat dan menarik, atau ketika mereka ingin berbagi informasi dan mempublikasikan topik tertentu. Influencer marketing berpengaruh positif terhadap Customer engagement. Customer engagement merupakan hubungan komunikasi atau interaksi yang terjalin antara pemangku kepentingan eksternal seperti pelanggan dan produsen atau perusahaan melalui berbagai saluran. Content Marketing berpengaruh positif terhadap Customer Engagement. Mengklaim bahwa konten menarik dan bermanfaat yang ditampilkan oleh perusahaan akan meningkatkan keterlibatan dengan pelanggannya. Dan pesan Viral Marketing yang menyenangkan memiliki pengaruh yang lebih besar daripada keterlibatan dari proses pesan. penting untuk pembentukan viralitas dan sikap yang berdampak pada jumlah keterlibatan pelanggannya. Kata Kunci: Influencer Marketing, Content Marketing, Viral Marketing, Customer Engagement
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Manajemen |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 03:07 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37045 |
Actions (login required)
View Item |