KARYANTO, KARYANTO (2024) PROGRAM KEAGAMAAN DALAM MEMBENTUK KECERDASAN SPIRITUAL SISWA DI MI MIFTAHUL HUDA DESA TLOGOMOJO KECAMATAN BATANGAN KABUPATEN PATI. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300082_fullpdf.pdf Download (3MB) |
|
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300082_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (142kB) |
Abstract
Dalam menghadapi era globalisasi yang berkembang pesat, paradigma pendidikan telah mengalami transformasi signifikan dengan penekanan tidak hanya pada penyeimbangan kecerdasan intelektual, tetapi juga aspek keagamaan dan spiritualitas. Data KPAI hingga Agustus 2023 mencatat peningkatan kasus kekerasan anak, khususnya di lingkungan pendidikan, menandakan perlunya perhatian bersama. Kesenjangan antara program intelektual dan kecerdasan spiritual peserta didik, terutama dalam konteks Pendidikan Agama Islam (PAI), menjadi penyebab utama masalah ini. Di Indonesia, , seperti MI Miftahul Huda Tlogomojo Batangan Pati, memberikan porsi PAl yang signifikan. Madrasah ini berada di bawah naungan Kementerian Agama dan memiliki fokus pada program keagamaan serta pembentukan karakter Islami. Dengan guru-guru sebagian besar merupakan alumni pesantren yang telah mendapatkan pendidikan karakter, MI Miftahul Huda Tlogomojo Batangan Pati mampu efektif menyelenggarakan pembelajaran PAI, melibatkan program-program keagamaan untuk membentuk kecerdasan spiritual anak didik. Dalam konteks penelitian ini, tujuan utamanya adalah untuk mendeskripsikan program keagamaan di MI Miftahul Huda Tlogomojo Batangan Pati dan menguraikan program-program keagamaan dalam membentuk kecerdasan spiritual siswa di madrasah tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan fokus pada pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian terdiri dari pihak kepala madrasah, guru, dan siswasiswa MI Miftahul Huda Tlogomojo Batangan Pati. Metode ini dipilih untuk memungkinkan pemahaman yang mendalam tentang program keagamaan di madrasah tersebut, dengan melibatkan berbagai perspektif dan pengalaman dari kepala madrasah, guru, dan siswa. Penelitian ini berkesimpulan bahwa MI Miftahul Huda Tlogomojo Batangan Pati telah menerapkan berbagai program-program guna membentuk kecerdasan spiritual siswa. Melalui pendekatan holistik dan interaktif, madrasah ini berhasil menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan spiritual siswa. Salah satu temuan penting adalah dibentuknya kurikulum yang menekankan pengajaran nilai-nilai keagamaan secara terintegrasi dalam mata pelajaran utama, memberikan kesempatan bagi siswa untuk menginternalisasi nilai-nilai tersebut. Kata Kunci Program Keagamaan, Kecerdasan Spiritual.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 21 Jan 2025 02:53 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36937 |
Actions (login required)
View Item |