IMPLEMENTASI ASESMEN DIAGNOSTIK PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SDN GAYAMSARI 02 SEMARANG

Sudiro, Jatyo Triatmojo Adi (2024) IMPLEMENTASI ASESMEN DIAGNOSTIK PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SDN GAYAMSARI 02 SEMARANG. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300075_fullpdf.pdf

Download (11MB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300075_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB)

Abstract

Asesmen dalam kurikulum merdeka jika dipandang dari segi keilmuan yang diuji, terbagi menjadi asesmen kognitif dan non kognitif. Jika dipandang dari tujuan maka terbagi menjadi asesmen diagnostik, formatif dan sumatif. Dalam penelitian ini peneliti mengumpulkan dan menganalisis referensi literatur tentang asesmen diagnostik. Asesmen diagnostik merupakan penilaian/asesmen kurikulum merdeka yang dilakukan secara spesifik. Dengan tujuan untuk mengidentifikasi atau mengetahui karakteristik, kondisi kompetensi, kekuatan, kelemahan model belajar peserta didik. Sehingga pembelajaran dapat dirancang sesuai dengan kompetensi dan kondisi peserta didik yang beragam. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Gayamsari 02 Kota Semarang, Jawa Tengah Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data wawancara diperoleh dengan mewawancarai pimpinan dan guru-guru senior. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan metode triangulasi, ketelitian pengamatan dan perpanjangan keikutsertaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan implementasi asesmen diagnostik baik kognitif dan non kognitif perlu persiapan yang matang dari pengajar atau pendidik untuk menguasai instrumen asesmen diagnostik suatu materi yang diajarkan dalam capaian pembelajaran kurikulum merdeka serta untuk meningkatkan hasil belajar siswa perlu pendampingan atau pengajaran dari orangtua siswa dan guru dalam kontinuetas belajar dari fase A ke fase B dan C seterusnya secara berkesinambungan supaya hasil belajar siswa dalam pendidikan agama Islam dapat maksimal. Kata kunci: implementasi, asesmen diagnostik, pendidikan agama islam dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 20 Jan 2025 04:41
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36934

Actions (login required)

View Item View Item