Thohari, Irfan (2024) IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN BAKAT DAN IDE KREATIF GENERASI Z PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH DARUN NAJAH PATI TAHUN 2023-2024. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300067_fullpdf.pdf Download (2MB) |
|
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300067_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (54kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pengembangan bakat dan ide kreatif peserta didik generasi Z di Madrasah Aliyah Darun Najah Pati. Aspek yang diteliti meliputi aspek perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, serta kendala dan solusi pelaksanaan pengembangan bakat dan ide kreatif di MA Darun Najah Pati. Penelitian ini menggunakan metode penelitian jenis kualitatif dengan sifat deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis Milles & Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan/verifikasi. Adapun hasil penelitian ini dapat dideskripsikan bahwa implementasi pengembangan bakat dan ide kreatif generasi Z di Madrasah Aliyah Darun Najah Pati meliputi : 1) Perencanaan, berdasarkan observasi, wawancara, dan dokumentasi, perancanaan pengembangan bakat dan ide kreatif di MA Darun Najah Pati bisa dikatakan terstruktur dan sangat baik untuk lingkup sekolah yang letaknya di pedesaan dan terbatas fasilitas. 2) Pelaksanaan, berdasarkan observasi, wawancara, dan dokumentasi, pelaksanaan pengembangan bakat dan ide kreatif di MA Darun Najah Pati dilaksanakan dalam berbagai kegiatan yang beragam. Terdiri dari mata pelajaran, PENSI & Class Meeting, program ekstrakurikuler, dan program kerja ISDA-ISDAWATI. 3) Evaluasi, berdasarkan observasi, wawancara, dan dokumentasi, evaluasi pengembangan bakat dan ide kreatif di MA Darun Najah Pati berjalan secara kontinu dan berkelanjutan. 4) Kendala dan Solusi, berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi didapatkan data bahwa kendala yang ditemui adalah fasilitas yang belum ada (solusi madrasah : menyewa/meminjam fasilitas yang belum ada), materi pengembangan yang belum sepenuhnya efektif dan efisien (solusi madrasah : mengirim guru pengampu mata pelajaran terkait untuk mengikuti pelatihan, seminar, workshop), peran wali kelas dalam penjaringan belum maksimal (solusi madrasah : mendorong lebih sering semua guru untuk sama-sama berperan aktif ), serta pengkaderan peserta didik di ISDA-ISDAWATI berjalan lambat (solusi madrasah : lebih intens melakukan pembinaan, pelatihan, serta lebih banyak melibatkan peserta didik untuk terjun langsung dalam kegiatan). Berdasarkan data-data tersebut dapat disimpulkan bahwa implementasi pengembangan bakat dan ide kreatif peserta didik generasi Z di Madrasah Aliyah Darun Najah Pati masih perlu untuk ditingkatkan dan dimaksimalkan lagi. Kata Kunci: Pendidikan, Madrasah Aliyah, Pengembangan Bakat dan Ide Kreatif Peserta didik, Generasi Z
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 20 Jan 2025 04:37 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36925 |
Actions (login required)
View Item |