BOARDING SCHOOL SEBAGAI PENUNJANG KEBERHASILAN PENDIDIKAN AKHLAK SISWA MTs AL ISTI'ANAH PLANGITAN KABUPATEN PATI

Mu’arif, Ikhwan (2024) BOARDING SCHOOL SEBAGAI PENUNJANG KEBERHASILAN PENDIDIKAN AKHLAK SISWA MTs AL ISTI'ANAH PLANGITAN KABUPATEN PATI. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300064_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300064_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan akhlakul karimah peserta didik di MA Al Isti’anah Boarding School Plangitan Pati, faktor pendukung dan penghambatnya serta hasilnya. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, waktu dan teknik. Teknik análisis datanya meliputi: reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: implementasi Boarding School dalam menunjang keberhasilan pendidikan akhlak siswa MTs Al Isti'anah Plangitan Pati sudah dilaksanakan dengan baik, melalui kegiatan belajar mengajar (KBM) di kelas, program/kegiatan rutin pondok pesantren, dan kegiatan ekstrakurikuler. Guru menerapkan metode pembiasaan, keteladanan, kedisiplinan dan hukuman. Akhlak siswa yang mengikuti program Boarding School MTs Al Isti'anah Plangitan Pati ditunjukkan dengan peningkatan akhlakul karimah siswa. Faktor pendukung dan penghambat pendidikan akhlak siswa dalam program Boarding School MTs Al Isti'anah Plangitan Pati meliputi faktor internal dan faktor eksternal. Kata Kunci: Boarding School, Pendidikan Akhlak.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 20 Jan 2025 04:34
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36921

Actions (login required)

View Item View Item