PERAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENANGANI PERILAKU BULLYING DI MAN 2 BOYOLALI

Hastuti, Hastin Dwi (2024) PERAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENANGANI PERILAKU BULLYING DI MAN 2 BOYOLALI. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300061_fullpdf.pdf

Download (870kB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300061_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB)

Abstract

Kata Kunci: Peran Guru Akidah Akhlak, Menangani Perilaku, Bulliying Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) karakter merupakan sifat- sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dengan yang lain. Salah satu faktor yang mengakibatkan rusaknya moral generasi muda sekarang ialah kurangnya atau bahkan hilangnya pendidikan moral atau karaktek. Kemudian tugas dan kewajiban mendidik moral anak diserahkan kepada lembaga pendidikan formal yang mana hal ini adalah sekolah. Madrasah tidak hanya menjadi tempat yang sesuai untuk mengembangkan potensi anak. sekolah juga dapat menjadi tempat timbulnya stressor-stressor yang dapat mengganggu perkembangan diri anak. Salah satu stressor yang dapat mengganggu perkembangan anak adalah adanya perilaku bulliying di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Analisis Guru Akidah Akhlak dalam mencegah prilaku Bullying pada Siswa Kelas X di MAN 2 Boyolali. (2) Apa saja yang menjadi bahan Evaluasi dalam mencegah prilaku Bullying pada Siswa Kelas X di MAN 2 Boyolali. (3) Apa saja yang dilakukan oleh Guru Akidah Akhlak dalam menyelesaikan problem Bullying pada Siswa Kelas X di MAN 2 Boyolali. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Untuk mengumpulkan data sebanyak-banyaknya, peneliti akan terjun langsung dan membaur dengan subjek penelitian. teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi (pengamatan), interview (wawancara) dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Permasalahan utama yang dihadapi oleh guru Akidah Akhlak adalah kurangnya pengetahuan terkait jenis terbaru bullying yaitu cyberbullying serta kurang terbukanya siswa dalam melaporkan tindakan bullying. (2) Strategi guru Akidah Akhlak dalam mencegah perilaku bullying dilakukan dengan meningkatkan efektivitas pembelajaran Akidah Akhlak melalui evaluasi materi pembelajaran dan penyampaian materi yang baik serta memberi contoh nyata dan teladan terkait akhlakul karimah. (3) Cara guru Akidah Akhlak menyelesaikan permasalahan bullying adalah dengan membentuk komitmen kuat, aturan yang ketat, dan sanksi yang jelas bagi para pelaku sembari melakukan teguran saat terjadi kasus bullying sederhana. Pengawasan terhadap siswa di lingkungan sekolah maupun dalam kegiatan belajar mengajar juga dilakukan sebagai bentuk usaha mencegah kasus bullying.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 20 Jan 2025 04:26
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36917

Actions (login required)

View Item View Item