MODEL PENINGKATAN KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA MELALUI MANAJEMEN PENGETAHUAN DAN KEPEMIMPINAN BERORIENTASI PENGETAHUAN

Subiantoro, Lilik (2024) MODEL PENINGKATAN KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA MELALUI MANAJEMEN PENGETAHUAN DAN KEPEMIMPINAN BERORIENTASI PENGETAHUAN. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Manajemen_20402200019_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Manajemen_20402200019_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh Kepemimpinan Berorientasi Pengetahuan terhadap Difusi Pengetahuan, Knowledge Generating, dan Kinerja SDM di PT. PLN UPT Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pengumpulan data melalui studi pustaka dan penyebaran kuisioner. Populasi penelitian terdiri dari 216 SDM, dengan sampel sebanyak 140 responden yang dipilih menggunakan teknik random sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan skala Likert 1 hingga 5, dan analisis dilakukan menggunakan permodelan persamaan struktural dengan pendekatan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepemimpinan Berorientasi Pengetahuan memiliki pengaruh signifikan terhadap difusi pengetahuan, proses Knowledge Generating, dan kinerja SDM. Selain itu, difusi pengetahuan dan knowledge generating juga memberikan dampak signifikan terhadap kinerja SDM. Temuan ini menekankan pentingnya peran kepemimpinan berorientasi pengetahuan dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas kinerja SDM melalui pengelolaan pengetahuan yang efektif. Kata Kunci : Kepemimpinan Berorientasi Pengetahuan; difusi pengetahuan; knowledge generating, kinerja SDM.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 20 Jan 2025 03:41
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36883

Actions (login required)

View Item View Item