KARTINI, ENDAH (2024) PERAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS DAN KEDISIPLINAN SISWA DI MA MAZRO’ATUL ULUM WEDARIJAKSA PATI. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300046_fullpdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300046_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (44kB) |
Abstract
Kedisiplinan sangat penting, terutama bagi mereka yang bekerja di bidang pendidikan. Menurut Madrasah Aliyah Mazro'atul Ulum, pembentukan karakter anak adalah hal yang paling penting.Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Mengetahui dan mendeskripsikan peran pendidikan Islam dalam membentuk karakter religius dan kedisiplinan siswa di Madrasah Aliyah Mazro’atul Ulum Wedarijaksa; 2) Mengetahui dan mendeskripsikan efek positif dari peran pendidikan Islam dalam membentuk karakter religius dan kedisiplinan siswa di Madrasah Aliyah Mazro’atul Ulum Wedarijaksa; dan 3) Mengetahui dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat peran pendidikan agama. Penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan analistik deskriptif. Penelitian akan dilakukan di Madrasah Aliyah Mazro’atul Ulum Wedarijaksa dan dimulai pada bulan Mei 2024. Data primer dan sekunder adalah sumber data untuk penelitian ini. Metode wawancara, observasi, dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data. Kriteria keabsahan data adalah sebagai berikut: 1) Trianggulasi, 2) Keabsahan Konstruksi, 3) Keabsahan Internal, 4) Keabsahan Eksternal, dan 5) Keakuratan dalam analisis dan interpretasi data. Penelitian ini menemukan bahwa pendidikan Islam berperan dalam membangun karakter religius siswa di Madrasah Aliyah Mazro'atul Ulum Wedarijaksa. Ini termasuk bersalaman saat bertemu di pagi hari, membaca Asmaul Husna, salat dhuha di jam istirahat, istighosah rutin setiap bulan, salat duhur berjamaah, menghafal tahlil, menghafal surat pilihan, dan membaca kitab secara teratur setiap bulan. Kemudian pendidikan dalam membentuk karakter religius dan kedisiplinan seperti pramuka, pencak silat, bimbingan konseling, hukuman edukatif, dan pembelajaran pagi sampai pulang tepat waktu di IPNU. 2). Di Madrasah Aliyah Mazro'atul Ulum Wedarijaksa Pati, kedisiplinan siswa menjadi lebih baik. Peserta didik menjadi lebih patuh pada tata tertib dan lebih rajin beribadah 3). Di Madrasah Aliyah Mazro'atul Ulum Wedarijaksa Pati, kerja sama guru, kultur keagamaan masyarakat, dan dukungan orang tua adalah faktor pendukung pendidikan islam dalam membentul karakter religius dan kedisiplinan. Namun, kendala lain adalah keterbatasan waktu, yang menghalangi guru untuk memantau anak-anak di luar waktu sekolah. Kata kunci: Pendidikan, karakter, Religius, Kedisiplinan, MA Mazro’atul Ulum Wedarijaksa Pati.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 18 Dec 2024 06:36 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36769 |
Actions (login required)
View Item |