AGUSTINI, DIANA (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN DIFERENSIASI TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PAI SDN KALIBANTENG KIDUL 03 KOTA SEMARANG. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300042_fullpdf.pdf Download (2MB) |
|
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300042_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (135kB) |
Abstract
Kata Kunci: Pembelajaran diferensiasi, motivasi, hasil belajar, Pendidikan Agama Islam, sekolah inklusi. Pendidikan memegang peran krusial dalam membentuk individu yang berkualitas. Pembelajaran diferensiasi, yang mengakomodasi perbedaan individual siswa, muncul sebagai pendekatan yang menjanjikan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pembelajaran diferensiasi terhadap motivasi dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) pada siswa Sekolah Dasar Negeri Kalibanteng Kidul 0l 3 Kota Semarang yang inklusif. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya pendidikan agama dalam membentuk karakter siswa dan kenyataan bahwa setiap siswa memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Pembelajaran diferensiasi diharapkan dapat memenuhi kebutuhan belajar yang beragam, meningkatkan motivasi, dan pada akhirnya meningkatkan hasil belajar siswa, terutama dalam konteks sekolah inklusi. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan pendidikan, khususnya dalam pengajaran PAI, dengan memberikan rekomendasi terkait penerapan pembelajaran diferensiasi yang efektif. Berdasarkan hasil penelitian di SDN Kalibanteng Kidul 0l 3hasil belajar siswa pada mata pelajaran rumpun PAI materi PAI masih tergolong rendah, ditinjau berdasarkan hasil belajar siswa pada semester sebelumnya. Tujuan penelitian ini untuk mengatahui apakah model pembelajaran diferensiasi efektif terhadap peningkatan hasil belajar PAI. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan design quasi eksperimen design (rancangan eksperimen semu), dengan teknik pengumpulan data menggunakan nonequivalent control group design. Bentuk desain penelitian dengan pretest-posttest group design. Teknik sampling menggunakan sampling jenuh artinya menggunakan seluruh populasi di dalam kelas ditandai dengan rencangan 2l kelompok kelas yaitu kelas IV A sebagai kelas eksperimen sebanyak 2l 4 siswa dan kelas IV C sebagai kelas kontrol sebanyak 2l 6 siswa. Hasil penelitian menghasil nilai rata-rata pre test kelas IV A sebesar 67,3 sementara kelas IV C sebesar 58,5. Kemudian nilai rata-rata post test kelas IV A sebesar 86,67 sementara kelas IV C sebesar 73,69. Dengan demikian dapat diketahui bahwa selisih nilai post test kelas eksperimen lebih besar daripada nilai post test kelas kontrol yaitu 86,67 > 73,69. Berdasarkan uji independent sampel t-test diperoleh nilai sig. (2l -tailed) sebesar 0l ,0l 0l 0l < 0l ,0l 5 maka berdasarkan data pengambilan keputusan dalam uji independent sampel t-test dapat disimpulkan bahwa H0 l ditolak dan H
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 18 Dec 2024 06:23 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36762 |
Actions (login required)
View Item |