MANAJEMEN KURIKULUM PROGRAM TAHFIDZUL QUR’AN DI SDIT PUTRI ABU HURAIRAH MATARAM NUSA TENGGARA BARAT (NTB)

Aziz, Asma (2024) MANAJEMEN KURIKULUM PROGRAM TAHFIDZUL QUR’AN DI SDIT PUTRI ABU HURAIRAH MATARAM NUSA TENGGARA BARAT (NTB). Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300036_fullpdf.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300036_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB)

Abstract

Kata Kunci: Manajemen Kurikulum, Tahfidzul Qur’an. SDIT Putri Abu Hurairah Mataram merupakan sekolah tingkat dasar yang kurikulum pendidikannya merupakan integrasi dari kurikulum pemerintah dengan kurikulum Pondok Pesantren Abu Hurairah yang memiliki fokus utama pada program Tahfidzul Qur’an. Sehingga seluruh peserta didik dari SDIT ini juga mampu menghafal Al-Qur’an sesuai dengan target yang telah ditentukan oleh lembaga, yaitu mulai kelas III, IV & V dengan jumlah hafalan 3 juz terdiri dari juz 28, 29 dan 30. Adapun tujuan penelitian ini: pertama, mendiskripsikan perencanaan Manajemen Kurikulum Program Tahfidzul Qur’an di SDIT Putri Abu Hurairah Mataram. Kedua, mendiskripsikan pelaksanaan Manajemen Kurikulum Program Tahfidzul Qur’an di SDIT Putri Abu Hurairah Mataram. Ketiga, mendiskripsikan evaluasi Manajemen Kurikulum Program Tahfidzul Qur’an di SDIT Putri Abu Hurairah Mataram disertai peningkatan mutu program Tahfidzul Qur’an dengan langkah pengembangan kurikulum program Tahfidzul Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dan pengumpulan datanya dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi, yang semuanya untuk menjawab permasalahan tentang manajemen kurikulum program Tahfidzul Qur’an di SDIT Putri Abu Hurairah Mataram. Adapun informan penelitian ini adalah penanggung jawab program tahfidz, guru tahfidz, serta peserta didik. Dalam penelitian ini dihasilkan beberapa temuan dalam manajemen kurikulum Tahfidzul Qur’an di SDIT Putri Abu Hurairah Mataram, yang meliputi: (1) Perencanaan Manajemen Kurikulum Tahfizul Qur’an pada SDIT Putri Abu Hurairah Mataram dilakukan melalui (a) Merumuskan visi, misi, dan tujuan sekolah, (b) Menentukan Sasaran Program dan Pencapaian Target Hafalan (c) Merancang Struktur Kurikulum (d) Mengadakan Kebutuhan Tenaga Pengajar, Bahan Ajar, dan Buku Panduan, (2) Pelaksanaan Manajemen Kurikulum Tahfizul Qur’an pada SDIT Putri Abu Hurairah Mataram meliputi (a) Pelaksanaan Kurikulum dengan melakukan peningkatan SDM (b) Pelaksanaan materi pembelajaran (c) Pelaksanaan metode pembelajaran Tahfidzul Qur’an meliputi: metode Wahdah, metode Kitabah, metode sima’, metode muraja’ah, metode jama’ dan metode tasmi’. (3) Evaluasi kurikulum Tahfidzul Qur’an SDIT Putri Abu Hurairah Mataram meliputi; (a) evaluasi mingguan, bulanan, dan semesteran, (b) Penilaian yang dilakukan melalui penilaian setoran hafalan, murajaah hafalan, juziyah, tasmi’ 3 juz dikelas VI, dan terakhir UT (Ujian Terbuka) Tahfidzul Qur’an. Dalam penelitian ini juga dihasilkan temuan, adanya kebutuhan untuk pengembangan lebih lanjut pada beberapa area kurikulum. Peneliti mengusulkan perancangan pedoman yang lebih komprehensif dan perlunya mendiagnosis kebutuhan secara lebih mendalam sebagai langkah pengembangan kurikulum yang lebih efektif. Dan peneliti memperkenalkan pendekatan induktif untuk pengembangan kurikulum, yang sering disebut sebagai inverted atau grassroots model. Pendekatan ini dimulai dari pengamatan langsung dan kebutuhan di lapangan, kemudian berkembang menjadi konsep-konsep yang lebih abstrak dan teoritis.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 18 Dec 2024 04:29
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36759

Actions (login required)

View Item View Item