PEMIKIRAN FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM KH. HASYIM ASY'ARI DALAM KITAB AD

Kisnanudin, Aslam (2024) PEMIKIRAN FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM KH. HASYIM ASY'ARI DALAM KITAB AD. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300035_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300035_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)

Abstract

Filsafat pendidikan Islam berusaha mengembangkan pandangan yang integral, yaitu mengintegralkan pandangan antara dunia dan akhirat sekaligus. Filsafat pendidikan Islam mengembangkan semua aspek kepribadian mulai akal, intuisi, akal budi dan inderawi. Ide-ide filsafat pendidikan Islam selain bersifat teoritik juga realistik yang dapat diwujudkan dalam tingkah laku dan mudah ditransformasikan dalam kehidupan. Konsep dan prinsip yang menjadi landasan bagi pelaksanaan pendidikan selalu dikritisi dan dievaluasi, disinilah filsafat pendidikan Islam berfungsi sebagai norma pendidikan. Penelitian ini difokuskan pada perspektif filsafat Pendidikan Islam pada kurikulum merdeka. Dalam konteks ini, filsafat Pendidikan Islam selalu mengacu pada nilai-nilai Pendidikan sesuai Alquran dan Hadist sebagai rujukan utama dalam mencapai proses pembelajaran yang berorientasi pada kurikulum merdeka. Maka dalam hal ini peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian dengan judul: “Pemikiran Filsafat Pendidikan Islam KH. Hasyim Asy’ari dalam Kitab Ad

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 18 Dec 2024 04:28
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36757

Actions (login required)

View Item View Item