FAUZI, AKHMAD (2024) PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) KELAS IV DI MI MA’ARIF NU 1 KALITAPEN KABUPATEN BANYUMAS JAWA TENGAH. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300021_fullpdf.pdf Download (2MB) |
|
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300021_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (57kB) |
Abstract
Dunia Pendidikan di madrasah terdapat berbagai permasalahan, diantaranya adalah perolehan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada Siswa Kelas IV di MI Ma'arif NU 1 Kalitapen Kabupaten Banyumas Jawa Tengah, rendahnya prestasi belajar tersebut dapat mencakup beberapa poin penting sebagai berikut: (1) Pembelajaran terpusat pada guru sehingga siswa merasa jenuh atau bosan. (2) Motivasi guru untuk merangsang siswa bertanya atau menjawab pertanyaan belum ada. (3) Guru belum menerapkan media yang dapat menumbuhkan rasa tertarik dari dalam diri siswa sehingga menumbuhkan rasa ingin tahu dalam diri siswa. Berdasarkan permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini, maka tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan Media Audio Visual di MI Ma’arif NU 1 Kalitapen. (2) Untuk mengetahui peningkatan prestasi hasil belajar Mapel SKI Siswa Kelas 4 MI Ma’arif NU 1 Kalitapen. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah (Moeloeng, 2007:6). Penelitian kualitatif tidak menggunakan istilah populasi, tetapi menggunakan “social situation” atau situasi sosial yang terdiri atas tiga elemen yaitu : tempat (place), pelaku (actor), dan aktivitas (activity) yang berinteraksi secara sinergis (Sugiyono, 2006:207). Penelitian ini dilakukan di MI Ma’arif NU 1 Kalitapen, yang beralamat di Jalan Gunung Putri Desa Kalitapen Kecamatan Purwojati Kabupaten Banyumas, Propinsi Jawa Tengah. Berbagai strategi pengumpulan data dalam penelitian kualitatif secara umum dapat dikelompokkan ke dalam dua jenis cara, yaitu metode atau teknik pengumpulan data yang bersifat interaktif dan noninteraktif. Data interaktif berarti ada kemungkinan terjadi saling mempengaruhi antara peneliti dengan sumber datanya. Teknik noninteraktif sama sekali tak ada pengaruh antara peneliti dengan sumber datanya, karena sumber data berupa benda, atau sumber datanya manusia atau yang lainnya (Sutopo, 2006:66). Dalam menganalisis data meggunakan teknik analisis data secara kualitatif pada dasarnya ialah upaya dalam menetukan dan juga merangkai data yang diperoleh secara terstruktur dari hasil penelitian yang dilakukan dengan tekhnik wawancara, observasi dan juga dokumentasi (Sugiyono: 368). Pada analisis data yang akan peniliti lakukan yaitu mengambil tekhnik analisa data induktif yang menfokuskan pada hal-hal yang akan di polakan menjadi teori baru setelah dilakukannya kegiatan wawancara, observasi serta pengumpulan data melaului dokumentasi secara mendalam. Dari hasil penelitian, perolehan pembelajaran tahap I dan tahap II diperoleh catatan pada tahap I jumlah siswa tuntas belajar ada 20 siswa atau 76,92% dan pada tahap II jumlah siswa tuntas belajar 23 siswa atau 88,46%. Dengan demikian perolehan tahap I dan II menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan belajar hingga pada akhirnya mencaai target KKM klasikal yang diharapkan yaitu jumlah siswa tuntas belajar > 85%. Dengan demikian secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa proses pembelajaran yang menggunakan media audio visual dalam meningkatkan hasil prestasi belajar siswa mata pelajaran SKI pada siswa kelas IV MI Ma’arif NU 1 Kalitapen berhasil dengan baik. Keadaan tersebut dapat dijadikan sebagai bahan bahwa dengan tahap yang berulang-ulang melalui penggunaan media dan materi yang sama dapat meningkatkan hasil prestasi belajar siswa secara lebih berarti. Kata Kunci: prestasi belajar, Sejarah Kebudayaan Islam, motivasi belajar, dan media audio visual.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 18 Dec 2024 01:16 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36747 |
Actions (login required)
View Item |