PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SDN. PELITA JAYA KABUPATEN BANDUNG

Sholihat, Ai (2024) PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SDN. PELITA JAYA KABUPATEN BANDUNG. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300020_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300020_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB)

Abstract

Kompetensi guru dan Media pembelajaran merupakan faktor yang berpengaruh untuk meningkatkan Hasil belajar menangani penggandaan dokumen. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini: 1). Adakah pengaruh kompetensi guru terhadap hasil belajar siswa di SDN Pelita Jaya Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung, 2). Adakah pengaruh Media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa di SDN Pelita Jaya Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung, 3). Adakah pengaruh kompetensi guru dan Media pembelajaran Siswa di SDN Pelita Jaya Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung, 4) Bagaimana gambaran kompetensi guru dan Media pembelajaran di SDN Pelita Jaya Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung. Populasi dan sampel dalam penelitian ini siswa kelas VI,V dan kelas IV di SDN. Pelita Jaya Desa Margamukti Kec. Pangalengan Kabupaten Bandung tahun 2023/2024 berjumlah 87 siswa. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari kompetensi guru dan Media pembelajaran sebagai variabel bebas dan Hasil belajar siswa sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan kuesioner, sedangkan analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kompetensi guru memperoleh skor total 10622 dengan kriteria baik dan Media pembelajaran memperoleh skor total 5602 dengan kriteria baik pula. Ada pengaruh positif antara kompetensi guru dan Media pembelajaran terhadap Hasil belajar, hal ini ditunjukkan dari persamaan regresi Y = 27,273 + 0,232X1 + 0,255X2 dengan Fhitung= 19,027 dan besarnya pengaruh sebesar 22,10% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Kata kunci : Kompetensi Guru, Media Belajar, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 18 Dec 2024 01:15
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36745

Actions (login required)

View Item View Item