Ro’uf, Abdul (2024) IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN MUTU GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL HUDA TAYU KABUPATEN PATI. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300007_fullpdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300007_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (149kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, implementasi, dan hasil implementasi Total Quality Management, mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat Total Quality Management, serta sejauh mana peningkatan mutu guru. Penelitian ini dilaksanakan di MI Miftahul Huda Tayu Kabupaten Pati. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif dari Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Sedangkan, metode analisis datanya adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Tahap perencanaan implementasi TQM dimulai dengan pembentukan tim, mengadakan pelatihan TQM, menyusun visi, prinsip, serta tujuan sebagai pedoman, komunikasi dan publikasi, analisis SWOT, identifikasi pendukung dan penghambat, memperkirakan sikap karyawan, serta identifikasi kepuasan pelanggan. Implementasi TQM di MI Miftahul Huda Tayu dalam meningkatkan mutu guru dilaksanakan dengan mengadakan ataupun mengikutsertakan guru dalam pelatihan-pelatihan, mendorong guru untuk melanjutkan pendidikan, serta evaluasi kinerja guru. 2) Faktor pendukung implementasi TQM dalam meningkatkan mutu guru di MI Miftahul Huda Tayu Pati adalah manajemen madrasah yang memberi dukungan penuh dalam penerapan prinsipnya, menciptakan budaya kerja yang terbuka, serta adanya komukasi yang jelas dan terbuka, madrasah tentunya memberikan dukungan penuh dengan mengadakan pelatihan” pengembangan serta dari guru tersebut harus berpartisipasi aktif. Sedangkan Faktor penghambatnya adalah masih minimnya keterbukaan dalam melaksanakan kerja, serta komunikasi yang masih tergolong kurang efektif. 3) Peningkatan mutu guru di MI Miftahul Huda ditunjukkan dengan para guru menjadi lebih mudah dalam mengungkapkan pendapat, ide serta gagasan karena adanya komunikasi yang terbuka. Kata Kunci: Mutu; Total Quality Manajemen; Guru
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 13 Dec 2024 07:18 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36736 |
Actions (login required)
View Item |