Wilujeng, Sugiarti (2024) HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN PERILAKU KONSUMEN GENERASI MILENIAL DALAM PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK BERSERTIFIKASI BPOM SECARA ONLINE DI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.
Text
Farmasi_33101700061_fullpdf.pdf Download (2MB) |
|
Text
Farmasi_33101700061_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (145kB) |
Abstract
Produk kosmetik yang tidak sesuai dengan standar aman semakin marak akhir-akhir ini, terlebih dengan kemudahan dalam melakukan transaksi jual-beli secara online menyebabkan semakin mudah dan luas persebarannya. Perilaku pembelian seseorang dapat dipengaruhi oleh pengetahuan dan sikap yang dimiliki oleh orang tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap dengan perilaku generasi milenial terkait pembelian produk kosmetik bersertifikasi BPOM secara online. Jenis penelitian ini menggunakan rancangan cross sectional. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik accidental sampling. Jumlah sampel didapatkan yaitu sebanyak 132 responden dengan kriteria minimal berusia 17 tahun dan pernah melakukan pembelian produk kosmetik secara online. Pengambilan sampel menggunakan kuesioner online yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Hasil menunjukkkan bahwa generasi milenial memiliki tingkat pengetahuan yang cukup (87,2%), sikap terkait pembelian produk kosmetik menunjukkan sikap yang positif (95%), dan perilaku terkait pembelian produk kosmetik pada kategori baik (95%). Hasil analisis korelasi menggunakan rank spearman didapatkan bahwa terhadap hubungan antara pengetahuan, sikap, dan perilaku dengan nilai sig. yang dihasilkan < 0,05. Hubungan antara pengetahuan dengan sikap adalah hubungan yang cukup dengan r value (0,282), hubungan antara pengetahuan dengan perilaku adalah hubungan yang cukup dengan r value ( 0,293), dan hubungan antara sikap dengan perilaku adalah hubungan yang cukup dengan r value (0,467). Hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat hubungan hubungan antara pengetahuan, sikap, dan perilaku generasi milenial terkait pembelian produk kosmetik bersertifikasi BPOM secara online. Selanjutnya perlu dilakukan edukasi terkait pentingnya sertifikasi BPOM pada produk kosmetik agar konsumen generasi milenial lebih waspada dan cermat dalam memilih produk kosmetik yang akan digunakan. Kata kunci: pengetahuan, sikap, perilaku, kosmetik, generasi milenial, online
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
Divisions: | Fakultas Farmasi Fakultas Farmasi > Farmasi Fakultas Farmasi > Farmasi |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 17 Dec 2024 03:03 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36735 |
Actions (login required)
View Item |