Fitani, Kaid (2024) KEEFEKTIVAN PELATIHAN METODOLOGI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU QIRAATI DI SD ISLAM TERPADU ALFIRDAUS SEMARANG. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502200051_fulldoc.pdf Download (1MB) |
|
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502200051_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (46kB) |
Abstract
Untuk merangsang minat belajar sekaligus mempermudah belajar membaca Al-Qur’an khususnya bagi anak-anak, diperlukan metode yang tepat, efektif dan efisien. Penggunaan metode yang tepat dan efektif dalam proses belajar mengajar di lembaga-lembaga pendidikan. Tujuan pendidikan dan pembelajaran dapat tercapai, salah satu aspek pentingnya yaitu keberadaan guru sebagai penyelenggara proses. Pendidikan dan pelatihan ini harus dilakukan oleh guru dan disesuaikan dengan kompetensi dirinya. Fokus penelitian diarahkan kepada studi tentang: (1) Bagaimana efektivitas pelatihan metodologi dalam meningkatkan ketrampilan mengajar guru qira'ati di SD Islam Terpadu al-Firdaus Semarang? (2) Bagaimana dampaknya pada proses pembelajaran membaca alQur’an dengan metode Qira’ati di SD Islam Terpadu al-Firdaus Semarang? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Adapun jenisnya adalah jenis studi kasus. Rancangan yang digunakan adalah rancangan studi multi kasus. Taknik pengumpulan data yang digunakan dalam penlitian ini adalah dengan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Data dianalisis dengan cara mengumpulan data, mereduksi data untuk menarik sebuah kesimpulan kemudian akan dilanjutkan dengan anlisis lintas situs. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelatihan metodologi dan bimbingan bagi guru Qira'ati Di SDIT Al-Firdaus Semarang meliputi Majelis Mu’alimil Qur’an (MMQ) Kota Semarang, Majelis Mu’alimil Qur’an (MMQ) Kecamatan Semarang Selatan dan Tengah, Pembinaan dengan Korcam Semarang Selatan dan Tengah, Evaluasi dengan Bapak KH. Amrullah, Evaluasi Intern, dan Metodologi Dasar. Dari pelatihan tersebut efektiv berdampak pada kemajuan dan peningkatan ketrampilan mengajar guru Qira'ati di SD Islam Terpadu al-Firdaus Semarang (2) Pertama; Guru BTAQ SDIT Al-Firdaus Semarang menerapkan standarisasi pembelajaran yang diperoleh dari metode Qira'ati yang sudah disesuaikan dengan kondisi lapangan yang ada di SDIT Al-Firdaus Semarang. Perencanaan dibagi menjadi dua bagian yaitu perencanaan untuk tingkat dasar yang mempelajari tentang pengenalan huruf secara terpisah sampai berbentuk kalimat pendek serta tingkat atas yang memuat pembelajaran membaca sambungan kalimat, hukum tajwid serta gharib AlQur’an. Kedua; Para Guru BTAQ, dalam pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan sesuai dengan rencana pembelajaran yang sudah dibuat sebelum masa pandemi Covid-19. Di masa pandemi terdapat perubahan jam belajar serta mekanismenya sebagai bentuk penyesuaian terhadap perubahan yang terjadi akibat Covid 19. Salah satu penurunannya adalah penurunan kualitas membaca siswa. Ketiga; Evaluasi yang dilaksanakan Guru BTAQ dibagi menjadi 2 yaitu evaluasi siswa dan guru mengaji. Evaluasi siswa yaitu evaluasi harian dan kenaikan jilid. Evaluasi guru dengan mengadakan pembinaan khusus yang terjadwal. Kata Kunci : Pelatihan Metodologi, Ketrampilan Guru Qira’ati, SDIT Al-Firdaus
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 13 Dec 2024 07:14 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36729 |
Actions (login required)
View Item |