Chamidah, Nia (2024) IMPLEMENTASI METODE QIRA’ATI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN BERBASIS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (STUDI KASUS DI TPQ AL-HIKMAH SEMARANG). Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502200034_fullpdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502200034_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (144kB) |
Abstract
Metode pengajaran yang efektif sangat penting untuk memastikan proses belajar ini berjalan dengan baik. Salah satu metode yang terbukti efektif adalah metode Qira’ati, yang dikembangkan untuk mempermudah pembelajaran membaca Al- Qur’an dengan memperhatikan kaidah tajwid. Namun, penerapan metode ini dapat lebih optimal apabila dilengkapi dengan pendekatan berbasis pemberdayaan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi metode Qira’ati dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di Taman Pendidikan AlQur’an (TPQ) Al-Hikmah dengan pendekatan pemberdayaan masyarakat. Metode Qira’ati merupakan salah satu metode sistematis dalam pembelajaran Al-Qur’an yang mengutamakan pengajaran membaca secara berurutan dari tingkat dasar hingga mahir. Pemberdayaan masyarakat, sebagai pendekatan yang melibatkan peran aktif komunitas, diharapkan dapat meningkatkan efektivitas dan keberlanjutan proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus untuk menganalisis bagaimana metode Qira’ati diterapkan di TPQ Al-Hikmah dan bagaimana pemberdayaan masyarakat berkontribusi terhadap proses tersebut. Teknik pengumpulan data meliputi observasi langsung, wawancara dengan pengurus dan pengajar TPQ, serta analisis dokumentasi terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode Qira’ati di TPQ Al-Hikmah berhasil meningkatkan kemampuan membaca Al- Qur'an peserta didik secara signifikan. Pemberdayaan masyarakat berperan penting dalam mendukung pembelajaran, melalui keterlibatan dalam penyediaan fasilitas, dukungan moral, dan partisipasi dalam kegiatan pendidikan. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa tantangan, seperti keterbatasan sumber daya dan perlunya peningkatan keterlibatan masyarakat. Kesimpulannya, metode Qira’ati terbukti efektif dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an dan pemberdayaan masyarakat berkontribusi positif terhadap proses tersebut. Penelitian ini menyarankan agar TPQ Al-Hikmah terus meningkatkan pelatihan untuk pengajar, memperluas keterlibatan masyarakat, dan menyediakan lebih banyak sumber daya untuk mendukung keberhasilan pembelajaran. Kata Kunci : Implementasi, Metode Qira’ati, Pemberdayaan Masyarakat
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 12 Dec 2024 03:27 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36714 |
Actions (login required)
View Item |