STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN LAYANAN EXPRESS PADA PT. TRITAMA BELLA TRANSINDO (TBT LOGISTICS) DI KOTA SEMARANG UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING

Salsabila, Lathifah (2024) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN LAYANAN EXPRESS PADA PT. TRITAMA BELLA TRANSINDO (TBT LOGISTICS) DI KOTA SEMARANG UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802000141_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802000141_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)

Abstract

Layanan express PT TBT Logistics merupakan salah satu layanan yang berkontribusi dalam proses distribusi jasa ekspedisi untuk pengiriman barang dengan cepat. Akan tetapi dalam memasarkan layanan express ini, perusahaan harus dapat bersaing dengan perusahaan sejenis yang bermunculan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan PT TBT Logistics untuk meningkatkan daya saing layanan. Tipe penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif kualitatif dengan sumber data di dapat melalui wawancara mendalam terhadap informan. Penelitian ini menggunakan paradigma Interpretif. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah action assembly theory dengan konsep marketing mix. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran layanan express pada PT. Tritama Bella Transindo (TBT Logistics) di Kota Semarang untuk meningkatkan daya saing. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh PT TBT Logistics. Untuk menguji keabsahan data, penelitian ini menggunakan beberapa kriteria yaitu, derajat kepercayaan, keteralihan, kebergantungan, dan kepastian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT TBT Logistics berhasil menerapkan bauran pemasaran di pasar layanan express melalui kunjungan langsung ke pelanggan, pemanfaatan media sosial, dan pemasaran offline. Strategi ini efektif dalam membangun hubungan yang kuat dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Namun, masih diperlukan penyempurnaan untuk mengatasi kendala dan menjaga daya saing perusahaan di pasar yang semakin kompetitif. Penelitian ini juga menghadapi keterbatasan seperti waktu, biaya, dan akses data, sehingga diharapkan penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi teori lain untuk memperluas pemahaman tentang strategi komunikasi pemasaran yang lebih efektif. Kata Kunci : Strategi Komunikasi Pemasaran, TBT Logistics, Bauran Pemasaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 29 Nov 2024 07:28
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36647

Actions (login required)

View Item View Item