STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS SETDA PEMERINTAH PROVINSI JAWA TENGAH MELALUI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @HUMAS.JATENG DALAM PUBLIKASI KINERJA PIMPINAN DAERAH PEMERINTAH PROVINSI JAWA TENGAH

Ardiansyah, Rizki Dwi (2024) STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS SETDA PEMERINTAH PROVINSI JAWA TENGAH MELALUI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @HUMAS.JATENG DALAM PUBLIKASI KINERJA PIMPINAN DAERAH PEMERINTAH PROVINSI JAWA TENGAH. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802000136_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802000136_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)

Abstract

Kemajuan teknologi komunikasi modern mempengaruhi cara lembaga pemerintah berinteraksi dengan masyarakat. Humas Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, sebagai bagian dari adaptasi ini, memanfaatkan Instagram @humas.jateng untuk publikasi kinerja pimpinan daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi komunikasi yang diterapkan oleh Humas melalui media sosial dan memahami efektivitasnya. Menggunakan paradigma konstruktivisme, penelitian ini mengadopsi metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Analisis dilakukan dengan menggunakan Konsep Cyber Public Relations dan Teori Excellence dengan menggunakan konsep langkah Manajemen Public Relations untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam mengenai efektivitas strategi komunikasi yang diterapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Humas Setda Provinsi Jawa Tengah telah memanfaatkan Instagram secara efektif untuk mempublikasikan kinerja pimpinan daerah, dengan konten yang berfokus pada kebijakan, pernyataan resmi, dan capaian kinerja. Strategi komunikasi yang diterapkan mencakup penggunaan model Cutlip dan Center yang meliputi tahapan Fact Finding, Planning and Programming, Taking Action and Communication, serta Evaluating the Program. Analisis dengan Teori Excellence mengungkapkan bahwa Humas Setda berhasil menerapkan model Press Agency, Public Information, Two-way Asymmetric dan Two-way Symmetric, yang memungkinkan keterlibatan aktif dengan masyarakat dan adaptasi pesan berdasarkan umpan balik yang diterima. Penelitian ini juga menemukan bahwa publikasi melalui Instagram tidak hanya bertujuan untuk menyampaikan informasi, tetapi juga untuk membangun keterlibatan masyarakat dan meningkatkan kepercayaan publik terhadap pemerintah. Hasil analisis dari penelitian ini adalah bahwa strategi komunikasi yang diterapkan cukup efektif dalam meningkatkan transparansi dan keterlibatan publik. Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Media Sosial Instagram, Publikasi Kinerja Pimpinan Daerah, Cyber Public Relations, Teori Excellence.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 29 Nov 2024 07:22
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36637

Actions (login required)

View Item View Item