Andrian, Rizal Fajar (2024) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK LUHUR PREMIUM SKINCARE DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DI E-COMMERCE SHOPEE. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.
Text
Ilmu Komunikasi_32802000134_fullpdf.pdf Download (4MB) |
|
Text
Ilmu Komunikasi_32802000134_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) |
Abstract
Dalam e-commerce pemasaran online yang semakin bersaing, fitur - fitur Shopee hadir bagi penjual dapat dimanfaatkan Luhur Premium Skincare untuk meningkatkan penjualan produk dan efektivitas komunikasi mereka di tengah perkembangan pesaing. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran produk Luhur Premium Skincare dalam meningkatkan penjualan di e-commerce Shopee. Dengan menggunakan paradigma Interpretif dan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Peneliti memaparkan data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kritis dengan menggunakan teori penyusunan tindakan dengan penyesuaian komunikasi pemasaran terpadu. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Wawancara mendalam dilakukan bersama informan penelitian yang merupakan divisi marketing manajer oprasional, ketua tim suppport, dan admin dari Luhur Premium Skincare. Hasil penelitian menunjukan bahwa, manajemen penggunaan fitur - fitur Shopee menjadi faktor utama dalam meningkatkan produk Luhur Premium Skincare. Seperti shopee video, promo member, hari spesial, shopeelive, chat toko, penilaian produk, dan profil toko. Dengan model bauran komunikasi pemasaran dari teori Kotler & Keller, yaitu iklan atau advertising, promosi atau sales promotion, penjualan personal atau personal selling, dan penjualan langsung atau direct marketing. Peningkatan angka penjualan di Shopee menunjukkan pengaruh dari penggunan dari berbagai fitur. Namun, penggunaan fitur Shopee memerlukan kreatifitas manajemen untuk memastikan hasil yang lebih maksimal. Dan tujuan marketing yang tepat dan respon yang efisien kepada para pelanggan menjadi pengaruh bagi penjualan produk Luhur Premium Skincare. Berdasarkan temuan peneliti, strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh divisi marketing Luhur Premium Skincare dengan segmentasi Wanita pengguna Shopee usia 20 tahun hingga 50 tahun dan peka terhadap kandungan skincare. Hal tersebut dapat dilihat dari akun Shopee Luhur Premium Skincare yang berkaitan dengan pelanggan member yakni, banyak pelanggan membeli dari promo flash sale yang disediakan Luhur Premium Skincare. Fitur Shopee mampu membantu Luhur Premium Skincare dalam mencapai tujuan perusahaan, yaitu upaya dalam meningkatkan .penjualan produk. Penelitian ini juga memiliki keterbatasan, termasuk jumlah informan yang terbatas, penggunaan teori penyusunan tindakan disampingi dengan model komunikasi pemasaran saja, lalu juga pada keterbatasan waktu serta sumber daya peneliti. Kata Kunci : Fitur Shopee, Strategi Komunikasi, Shopee live, Pemasaran Skincare, Divisi Marketing
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 29 Nov 2024 07:20 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36634 |
Actions (login required)
View Item |