PENGARUH JINGLE IKLAN DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BAPAO “MEGA JAYA” DI KECAMATAN GENUK

Muna, Maulida Nabilatul (2024) PENGARUH JINGLE IKLAN DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BAPAO “MEGA JAYA” DI KECAMATAN GENUK. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802000130_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802000130_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya daya saing dunia bisnis semakin pesat yang mengangkibatkan semakin banyak bermunculan produk kompetitor bapao yang menggunakan teknik pemasaran yang lebih modern, namun bapao mega jaya mampu bertahan dan eksis dengan semakin banyaknya kompetitor lain. Rumusan masalah pada penelitian ini untuk mengetahui bagaima pengaruh jingle dan word of mouth terhadap keputusan pembelian Bapao Mega Jaya di Kecamatan Genuk. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh jingle iklan dan word of mouth terhadap keputusan pembelian bapao mega jaya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teory of Reasoned Action (TRA). Jenis penelitian yang dilakukan adalah kuantitatif dengan menggunakan paradigma positivistik. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik cluster random sampling kepada 100 responden yang merupakan warga yang tersebar di 13 Kecamatan Genuk. Uji perhitungan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program aplikasi IBM SPSS untuk menguji data statistik. Hasil uji validistas dalam seliruh item kuesioner yang telah diuji dinyatakan valid; seluruh item juga dinyatakan reliabel. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa jingle berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian; sedangkan word of mouth tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian; dan jingle dan word of mouth berpengaruh silmutan terhadap keputusan pembelian. Sementara uji analisis regresi linier berganda menunjukan bahkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara jingle terhadap keputusan pembelian, sedangkan antara variabel word of mouth terhadap keputusan pembelian positif tapi tidak terdapat pengaruh signifikan. Nilai koefisien regresi bernilai bahwa nilai R Square sebesar 0,399, hal ini menunjukkan bahwa variabel dependen mampu dijelaskan oleh variabel independen sebesar 0,399 atau 39,9%, sedangkan sisanya yakni 60,1% dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bawa jingle berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian bapao mega jaya dan word of mouth tidak berpengaruh signifikan terhadap kepitusan pembalian bapao mega jaya. Keterbatasan dalam penelitian ini adalah keterbatasan pada variabel penelitian, yang dimana variabel independen tidak ada pengaruh terhadap variabel dependen. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya untuk menambahkan variabel lain untuk menyempurnakan penelitian selanjutnya. Kata kunci: Theory of Reasoned Action (TRA), Jingle, Word Of Mouth dan Keputusan pembelian, Bapao Mega Jaya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 29 Nov 2024 07:16
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36628

Actions (login required)

View Item View Item