PENGARUH TERPAAN IKLAN SHOPEE 12.12 BIRTHDAY SALE DI YOUTUBE DAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA TERHADAP PERSEPSI PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI ANGKATAN 2020 UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG (UNISSULA)

Putri, Erifdya Avinka (2024) PENGARUH TERPAAN IKLAN SHOPEE 12.12 BIRTHDAY SALE DI YOUTUBE DAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA TERHADAP PERSEPSI PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI ANGKATAN 2020 UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG (UNISSULA). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802000127_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802000127_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)

Abstract

Pertumbuhan penggunaan media sosial dan internet di Indonesia, termasuk YouTube, telah menjadikannya platform utama bagi iklan seperpti Shopee 12.12 Birthday Sale. Mahasiswa sebagai kelompok sasaran rentan terhadap pengaruh iklan online dan juga terpengaruh oleh interaksi teman sebaya. Penelitian ini meneliti bagaimana iklan digital mempengaruhi persepsi perilaku konsumtif mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terpaan iklan Shopee 12.12 Birthday Sale di YouTube terhadap persepsi perilaku konsumtif mahasiswa ilmu komunikasi angkatan 2020 UNISSULA dan untuk mengetahui pengaruh interaksi teman sebaya terhadap persepsi perilaku konsumtif mahasiswa kota Semarang. Teori yang digunakan adalah teori terpaan iklan, teori persepsi, dan teori perilaku konsumen. Tipe penelitian ini adalah kuantitatif dengan paradigma positivisme. Populasi yang diambil adalah mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2020 UNISSULA, dengan teknik pengambilan sampel total sampling sehingga seluruh populasi dijadikan responden sebanyak 100 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh terpaan iklan Shopee 12.12 Birthday Sale di YouTube (X1) terhadap persepsi perilaku konsumtif mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2020 UNISSULA berdasarkan penghitungan t diketahui nilai t hitung sebesar 1,451 lebih kecil dari t tabel yaitu 1,660 dan nilai signifikansi yaitu 0,150 lebih besar dari 0,05 ini berarti bahwa tidak ada pengaruh atau kata lain hipotesis tidak terbukti, begitu juga dengan pengaruh interaksi teman sebaya (X2) terhadap persepsi perilaku konsumtif mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2020 UNISSULA (Y) berdasarkan perhitungan t diketahui nilai t hitung sebesar 1,092 lebih kecil dari t tabel yaitu 1,660, dan nilai signifikansi 0,278 lebih besar dari 0,05 ini berarti bahwa tidak ada pengaruh atau kata lain hipotesis tidak terbukti. Penelitian ini menghadapi keterbatasan diantaranya pembuatan daftar pertanyaan untuk kuesioner, dan pengambilan dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang tidak semua responden memberikan jawaban sesuai dengan pendapat sebenarnya, menyebabkan tidak ditemukannya hubungan signifikan antara variabel-variabel yang diteliti. Kata kunci : Terpaan Iklan Shopee 12.12 Birthday Sale, Interaksi Teman Sebaya, Persepsi Perilaku Konsumtif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 29 Nov 2024 06:43
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36626

Actions (login required)

View Item View Item