ANALISIS RESEPSI KHALAYAK NILAI KESETARAAN GENDER DALAM IKLAN “KECAP ABC BANTU SUAMI SEJATI HARGAI ISTRI” DENGAN MEDIA YOUTUBE PADA MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNISSULA

Prasetia, Catur (2024) ANALISIS RESEPSI KHALAYAK NILAI KESETARAAN GENDER DALAM IKLAN “KECAP ABC BANTU SUAMI SEJATI HARGAI ISTRI” DENGAN MEDIA YOUTUBE PADA MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNISSULA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802000122_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802000122_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)

Abstract

Iklan Kecap ABC versi “Bantu Suami Sejati Hargai Istri” merupakan salah satu dari banyak iklan yang dikeluarkan oleh Kecap ABC, dalam iklan ini menggambarkan sebuah kampanye kesetaraan gender yang ada dalam rumah tangga. Hal ini karena nilai perceraian dalam kasus konflik rumah tangga ini cukup tinggi, sehingga Kecap ABC merasa memiliki tanggung jawab sebagai brand besar yang membantu dalam masakan rumah. Penelitian ini membahas mengenai bagaimana Resepsi Khalayak Pada Iklan Kecap ABC versi “Bantu Suami Sejati Hargai Istri”. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menggambarkan Resepsi Khalayak Pada Iklan “Kecap ABC Bantu Suami Sejati Hargai Istri”. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan paradigma konstruktivisme. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori resepsi Stuart Hall, dengan metode pengumpulan datanya melalui wawancara dan forum group discussion (FGD). Dalam penelitian ini juga menggunakan analisis resepsi milik Stuart Hall yaitu encoding dan decoding. Hasil dari penelitian ini dilihat bagaimana setiap informan memberikan respon mereka terhadap iklan Kecap ABC versi “Bantu Suami Sejati Hargai Istri”, setelah melakukan analisis peneliti menemukan 2 posisi yang digunakan oleh informan. Dalam pemaknaan iklan ini ada 3 informan yang memilih untuk berada di posisi dominan dan ada 2 informan yang memilih posisi negosiasi, dan tidak ada yang memilih posisi oposisi. Dari analisis resepsi ini dapat diketahui bahwa setiap informan memiliki peran dalam memaknai sebuah pesan dalam iklan tersebut, dan dari hasil FDG ditemukan bahwa respon yang diberikan oleh setiap informan dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa ada dua jenis respon yang diberikan oleh informan, yaitu respon kognitif dan afektif. Dari analisis resepsi kita dapat mengetahui dari sudut pandang penonton mengenai pandangan mereka tentang iklan Kecap ABC versi “Bantu Suami Sejati Hargai Istri “. Setiap informan yang menonton tayangan iklan ini memiliki peran yang penting dalam memberikan makna ataupun respon bagi peneliti. Kata Kunci : Iklan, Analisis Resepsi, Teori Stuart Hall, Kesetaraan Gender

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 29 Nov 2024 02:50
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36619

Actions (login required)

View Item View Item