STRATEGI PEMASARAN DIGITAL PENGUSAHA FURNITURE DI JEPARA DALAM MEMPROMOSIKAN PRODUK FURNITURE JEPARA

Andika, Austin (2024) STRATEGI PEMASARAN DIGITAL PENGUSAHA FURNITURE DI JEPARA DALAM MEMPROMOSIKAN PRODUK FURNITURE JEPARA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802000121_fullpdf.pdf

Download (911kB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802000121_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB)

Abstract

Transformasi digital telah membawa dampak besar pada industri perabotan, termasuk di Jepara yang terkenal sebagai pusat produksi furniture berkualitas tinggi. Teknologi seperti mesin CNC, pemodelan 3D, dan robotik telah meningkatkan efisiensi produksi, sementara pemasaran digital melalui media sosial dan e-commerce menawarkan peluang untuk memperluas pasar. Namun, pengusaha di Jepara masih menghadapi tantangan dalam perubahan konvensional ke arah digital. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan strategi pemasaran digital yang digunakan pengusaha furniture di Jepara dalam mempromosikan produk mereka. Tipe penelitian ini deskriptif kualitatif menggunakan paradigma konstruktivisme. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Marketing Mix 7P (Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical Evidence, dan Place) oleh Kotler dan Keller dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, dan observasi. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive random sampling untuk mendapatkan hasil penelitian yang mendalam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengusaha furniture di Jepara telah memanfaatkan kekuatan platform digital, seperti media sosial, situs web, dan marketplace, untuk mengoptimalkan branding, distribusi, promosi, dan interaksi dengan konsumen. Penekanan pada kualitas produk, penetapan harga premium, serta penggunaan komunikasi visual dan fitur interaktif memainkan peran penting dalam membangun dan memperkuat citra merek. Upaya tersebut memperkuat posisi pengusaha furnitur Jepara di pasar digital, meningkatkan loyalitas pelanggan, dan memperluas jangkauan pasar mereka. Kata Kunci : Stragtegi, Marketing Mix, Furniture, Digital

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 29 Nov 2024 02:43
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36617

Actions (login required)

View Item View Item