WARNOTO, WARNOTO (2024) ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PETANI KOPI DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS KOPI LOKAL DESA SURJO KECAMATAN BAWANG KABUPATEN BATANG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.
Text
Ilmu Komunikasi_32802000119_fullpdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
Ilmu Komunikasi_32802000119_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) |
Abstract
Meskipun kopi adalah komoditas bernilai tinggi di Indonesia, namun tidak semua hasil kopi petani memiliki nilai jual yang tinggi. Permasalahan SDM, kurangnya kosistensi dalam pengolahan kopi serta tidak semua petani mampu mengintegrasikan pemasaran yang terencana membuat kebanyakan petani kopi tidak bisa memasarkan kopinya dengan harga yang tinggi. Penelitian ini membahas bagaimana kelompok tani di Desa Surjo membangun kesadaran merek kopi lokal hasil perkebunan di wilayah mereka melalui strategi komunikasi pemasaran yang terencana. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk menggambarkan bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh petani kopi Batang di desa Surjo dalam membangun brand awareness kepada khalayak luas. Penelitian ini menggunakan teori Integrated Marketing Communication (IMC). Metode pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, memanfaatkan data primer dan sekunder yang berasal dari literatur jurnal/artikel, buku-buku, penelitian terdahulu, dan wawancara kepada narasumber/informan petani kopi lokal di desa Surjo, kecamaatan Bawang Kabupaten Batang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan petani desa Surjo menunjukkan bahwa dalam upaya meningkatkan brand awareness sebagai produk lokal yang berkualitas sudah menerapkan pendekatan strategis yang menggabungkan semua elemen pemasaran untuk menyampaikan pesan yang konsisten dan terencana kepada konsumen. Petani telah menerapkan teori IMC dengan mengintegrasikan berbagai teknik pemasaran seperti periklanan, penjualan, pemasaran langsung, hubungan masyarakat, dan pemasaran digital untuk memastikan pesan pemasaran yang terpadu. Petani desa Surjo juga sudah mencapai tujuan bisnis dengan membuat kampanye pemasaran yang efektif dan terpadu. Hasil penelitian yang lain adalah dengan menerapkan strategi IMC kelompok petani kopi lokal Surjo mampu membangun brand awareness atau kesadaran merek kepada konsumen yang luas, merek kopi lokal desa Surjo diterima baik di pasaran dan meningkatkan nilai jual. Saran dari temuan penelitian ini adalah kelompok petani kopi lokal desa Surjo harus bersinergi dengan pemerintah untuk meningkatkan SDM, supaya mereka diberikan pelatihan dalam pengembangan strategi komunikasi pemasaran serta pelatihan pemanfaatan media sosial secara merata di semua elemen kelompok petani kopi lokal desa Surjo. Kata kunci: Strategi komunikasi pemasaran, Brand Awareness, Integrated Marketing Communication.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 29 Nov 2024 02:40 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36614 |
Actions (login required)
View Item |