Ani, Tri Septi (2024) ANALISIS RESEPSI MAHASISWA UNISSULA TERKAIT ISU #BOIKOTPRODUKISRAEL PADA AKUN INSTAGRAM @detikcom. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.
Text
Ilmu Komunikasi_32802000115_fullpdf.pdf Download (3MB) |
|
Text
Ilmu Komunikasi_32802000115_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (74kB) |
Abstract
Fenomena konflik Israel-Palestina telah mengundang perhatian dunia, termasuk Indonesia. Isu boikot muncul di tengah konflik tersebut. Media sosial ramai memberitahkan zionis Israel telah melakukan penindasan dan kejahatan terhadap rakyat sipil Palestina seperti penyiksaan, penindasan, pembakaran sekolah, dan masih banyak lagi. Media massa sebagai sarana penyebaran informasi mempermudah khalayak dalam mengakses informasi yang diinginkan. Instagram @detikcom update dalam menyajikan pemberitaan mengenai konflik IsraelPalestina, seperti isu boikot produk Israel, fatwa MUI, dan sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerimaan mahasiswa Unissula terkait Isu #boikotprodukisrael pada akun Instagram @detikcom. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif menggunakan analisis resepsi milik Stuart Hall dan teori spiral of silence. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat empat informan dengan posisi dominan dan satu informan dengan posisi negosiasi. Perbedaan pemaknaan dipengaruhi oleh latar belakang informan, seperti pengalaman, pendidikan, dan kebiasaan/hobi. Setelah dikategorisasikan dengan analisis resepsi teori spiral of silence menyatakan bahwa mahasiswa Unissula akan cenderung diam, jika isu ini belum banyak diperbincangkan, namun mulai berani beropini ketika merasa lingkungannya mendukung aksi boikot. Artinya opini mahasiswa unissula dibentuk, disusun dan dikurangi oleh peran media massa. Dalam penelitian ini terdapat keterbatasan dalam kekurangan yang terjadi selama penelitian yaitu keterbatasan pada sumber data kurangnya referensi mengenai pandangan isu #boikotprodukisrael pada akun Instagram @detikcom. Penelitian ini memberikan wawasan bagi penelitian lain mengenai isu #boikotprodukisrael pada media massa. Serta dapat mendorong mahasiswa dan audiens yang lebih luas untuk mengembangkan kesadaran kritis terhadap representasi media. Kata kunci : isu boikot, Instagram @detikcom, analisis resepsi, teori spiral of silence.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 29 Nov 2024 02:36 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36608 |
Actions (login required)
View Item |