Ananta, Setya (2024) PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM UNTUK MEMBANGUN IDENTITAS MEREK SALT N PEPPER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.
Text
Ilmu Komunikasi_32802000106_fullpdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
Ilmu Komunikasi_32802000106_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (132kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi bagaimana Salt N Pepper memanfaatkan media sosial Instagram sebagai alat untuk membangun identitas merek. Salt N Pepper, sebagai salah satu merek fashion pria di Indonesia, yang sedang menghadapi tantangan dalam memperkuat identitas mereknya di tengah persaingan ketat di industri fashion. Penelitian ini menggunakan Teori Identitas Merek untuk memahami bagaimana elemen-elemen visual seperti tipografi, tone of voice, dan desain visual yang konsisten dapat membantu menciptakan citra merek yang formal, elegan, dan profesional. Pendekatan kualitatif diterapkan dengan menganalisis pemanfaatan fitur didalam media sosial Instagram Salt N Pepper dan melakukan wawancara dengan pihak internal perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun Salt N Pepper telah berhasil memanfaatkan elemen-elemen visual, seperti tipografi Chameleon serta warna hitam dan putih, untuk membentuk citra merek yang konsisten dan relevan dengan target pasar, perusahaan masih menghadapi tantangan dalam menjaga konsistensi penerapan identitas merek di berbagai platform media sosial. Selain itu, interaksi dengan audiens melalui Instagram belum dimaksimalkan untuk memperkuat hubungan dengan konsumen. Keterbatasan penelitian ini terletak pada sampel data yang hanya terbatas pada konten Instagram dan wawancara dengan pihak internal perusahaan, tanpa melibatkan konsumen secara langsung. Hal ini memberikan perspektif yang terbatas mengenai bagaimana konsumen memandang identitas merek Salt N Pepper. Penelitian di masa mendatang disarankan untuk melibatkan lebih banyak narasumber, termasuk konsumen, guna memberikan pandangan yang lebih komprehensif mengenai efektivitas strategi identitas merek melalui media sosial. Kata kunci : Identitas merek, Media sosial, Instagram, Kualitatif, Salt N Pepper.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 29 Nov 2024 02:33 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36596 |
Actions (login required)
View Item |