STRATEGI PENYIAR DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI RADIO SWARA SEMARANG DI ERA DIGITAL

Nismara, Rasendriya Safa (2024) STRATEGI PENYIAR DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI RADIO SWARA SEMARANG DI ERA DIGITAL. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802000094_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802000094_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB)

Abstract

Hadirnya era digital memunculkan media-media baru yang menciptakan adanya persaingan antar media komunikasi, salah satunya Radio Swara Semarang sebagai jaringan radio lokal yang mulai tergerus eksistensinya di era digital. Eksistensi sebuah radio tidak terlepas dari peran para penyiarnya sebagai citra dan personalitas dari radio yang diwakilinya. Semakin baik performa penyiar, citra radio juga akan semakin meningkat dan mampu bersaing di tengah gempuran media-media baru di era digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi apa saja yang dilakukan oleh penyiar Radio Swara Semarang sebagai ujung tombak radio dalam mempertahankan eksistensi radio yang diwakilinya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan paradigma kontruktivisme dan teori retorika oleh Aristoteles. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling dengan sample lima penyiar Radio Swara Semarang dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara terstruktur, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dalam mempertahankan eksistensi Radio Swara Semarang di era digital, penyiar Radio Swara Semarang memiliki beberapa detail strategi yang berbeda sesuai dengan karakteristiknya masing-masing, namun semua penyiar Radio Swara Semarang memiliki strategi yang mencerminkan mode ethos, logos, dan pathos. Para penyiar mengimplikasikan strategi mereka dengan menerapkan etika serta memberikan informasi yang kredibel dan tersusun. Selanjutnya, para penyiar menyajikan topik siaran yang menarik dan relevan menyesuaikan dengan segmentasi program acara yang dibawakan. Strategi yang membedakan radio dengan media lainnya adalah penyiar Radio Swara Semarang membangun hubungan kedekatan dan melibatkan para pendengar supaya terjadi komunikasi dua arah, bahkan memposisikan diri mereka sebagai teman akrab para pendengar. Hal tersebut menciptakan kesan dan ciri khas yang tidak akan didapatkan oleh pendengar di media lainnya. Dengan adanya strategi yang dilakukan oleh para penyiar, loyalitas pendengar semakin meningkat untuk tetap mendengarkan Radio Swara Semarang dan tetap menjadikan Radio Swara Semarang sebagai sumber hiburan serta sumber informasi terpercaya yang dibuktikan oleh Radio Swara Semarang yang masih eksis hingga saat ini. Sehingga untuk penelitian selanjutnya diharapkan agar dapat mengembangkan penelitian dengan lingkup yang lebih luas dan meneliti strategi yang dilakukan oleh penyiar stasiun radio lainnya. Kata Kunci: Strategi Penyiar, Eksistensi Radio, Era Digital, Teori Retorika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 29 Nov 2024 02:25
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36587

Actions (login required)

View Item View Item