Khoirunnisa, Putri (2024) ANALISIS RESEPSI PENONTON PADA TAYANGAN YOUTUBE HAS CREATIVE PODCAST WARUNG KOPI (PWK) “Episode Demi Konten Habib Ja’far Mampir Warung Makan Babi”. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.
Text
Ilmu Komunikasi_32802000090_fullpdf.pdf Download (2MB) |
|
Text
Ilmu Komunikasi_32802000090_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) |
Abstract
Podcast Warung Kopi (PWK) merupakan podcast yang memiliki konsep unik dengan tema warung kopi. Penelitian ini membahas mengenai tanggapan penonton terhadap tayangan YouTube Has Creative Podcast Warung Kopi (PWK) dalam episode “Demi Konten Habib Ja’far Mampir Warung Makan Babi”. Episode ini menampilkan seorang tokoh muslim yang toleran mengunjungi sebuah warung makan babi, yang menjadi kontroversi mengingat aturan agama Islam yang melarang memakan babi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui resepsi dari penonton terhadap tayangan Podcast Warung Kopi (PWK) bersama Habib Ja’far. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan paradigma kontruktivisme. Teori yang digunakan yaitu teori Resepsi Stuart Hall dan didukung dengan teori SOR (Stimulus, Organism, Respon), bahwa perubahan perilaku disebabkan oleh kualitas stimulus (rangsangan) yang berkomunikasi dengan organism (komunikan). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui wawancara dan observasi yang dianalisis menggunakan teknik Analisis Resepsi Stuart Hall yakni Encoding dan Decoding. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan teori Stuart Hall, penelitian yang dilakukan pada ketiga informan ini menghasilkan tiga (3) perspektif berbeda. Dalam penerimaan mereka terhadap Podcast Warung Kopi (PWK) bersama Habib Ja’far terdapat informan yang berada pada dominant hegemony position, informan yang berada pada negotiated position, dan informan yang berada pada oppositional position. Informan yang awalnya dominan dapat beralih ke posisi negosiasi atau oposisi. Sebaliknya, informan yang awalnya negosiasi atau oposisi dapat berubah dan mengambil posisi dominan. Hal ini menunjukkan bahwa informan tidak sepenuhnya memahami dan merefleksikan resepsi dan artinya. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan dengan ketiga informan menggunakan teori dukungan SOR (Stimulus, Organism, Respon) ditemukan respon kognitif dan respon afektif. Kata Kunci: YouTube, Podcast Warung Kopi (PWK), Analisis Resepsi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 29 Nov 2024 02:22 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36582 |
Actions (login required)
View Item |