PENGARUH EFEKTIVITAS RED VELVET SEBAGAI BRAND AMBASSADOR AZARINE TERHADAP BRAND IMAGE DAN MINAT BELI KONSUMEN PADA FOLLOWERS AKUN X (twitter) @ReVeluvNESIA

Ramadhina, Puja Tantra (2024) PENGARUH EFEKTIVITAS RED VELVET SEBAGAI BRAND AMBASSADOR AZARINE TERHADAP BRAND IMAGE DAN MINAT BELI KONSUMEN PADA FOLLOWERS AKUN X (twitter) @ReVeluvNESIA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802000088_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802000088_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)

Abstract

Adanya peningkatan minat dan persaingan pasar di dunia kecantikan yang semakin ketat menjadi latar berlakang dari penelitian ini, beberapa perusahaan berlomba-lomba untuk menarik perhatian konsumen dalam memperkenalkan produk mereka, berbagai cara dilakukan guna meningkatkan penjualan produk dan citra perusahaan. Untuk meningkatkan citra serta penjualan produk sehingga sesuai dengan yang diharapkan berbagai cara dilakukan oleh perusahaan, salah satunya yaitu dengan penggunaan brand ambassador. Azarine menjadi salah satu brand kecantikan yang menggandeng banyak tokoh populer sebagai brand ambassador untuk memperkenalkan produk mereka kepada calon konsumen, hal ini dilakukan sebagai upaya untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Azarine menggandeng girl band asal Korea Selatan yakni Red Velvet sebagai brand ambassador mereka, hal ini berkaitan dengan semakin maraknya peminat kpop di Indonesia, sehingga besar kemungkinan untuk Azarine menjangkau lebih banyak konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efektivitas Red Velvet sebagai brand ambassador Azarine terhadap brand image dan minat beli konsumen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan paradigma positivisme, serta mengacu pada Teori AIDA (Attention, Interest, Desire, Action). Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden yang merupakan pengikut akun Twitter @ReVeluvNESIA, menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik regresi linear sederhana dan uji parsial (uji-t), menggunakan aplikasi IBM SPSS versi 29 sebagai alat analisis statistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari brand ambassador, yaitu Red Velvet, terhadap brand image dan minat beli konsumen terhadap produk Azarine. Pengujian validitas mengindikasikan bahwa nilai r hitung lebih besar daripada r tabel (0,196), menandakan bahwa instrumen pengukuran valid. Kemudian, uji reliabilitas menunjukkan bahwa nilai alpha lebih besar dari Cronbach's alpha (0,60), sehingga dinyatakan reliabel. Analisis regresi linear sederhana mengungkapkan bahwa variabel brand ambassador (X) memiliki pengaruh positif terhadap brand image (Y1), dengan koefisien regresi X sebesar 0,639. Selanjutnya, variabel brand ambassador (X) juga berpengaruh positif terhadap minat beli (Y2), dengan koefisien regresi X sebesar 0,628. Kata kunci : Brand ambassador, Brand image, Minat beli

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 29 Nov 2024 01:51
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36576

Actions (login required)

View Item View Item