ANALISIS PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI DAN KEBUTUHAN HIBURAN PADA SUBSCRIBER TERHADAP KONTEN YOUTUBE WINDAH BASUDARA “SUBNAUTICA” EPISODE 1

Mu’andhom, Nurom Mufid (2024) ANALISIS PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI DAN KEBUTUHAN HIBURAN PADA SUBSCRIBER TERHADAP KONTEN YOUTUBE WINDAH BASUDARA “SUBNAUTICA” EPISODE 1. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802000086_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802000086_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB)

Abstract

Khalayak dalam memilih tontonan selalu mempertimbangkan faktor pemenuhan kebutuhan tertentu, seperti kebutuhan akan pengetahuan baru maupun rasa senang atau relaksasi. Salah satunya adalah pada saat khalayak memilih untuk menonton konten “Subnautica” episode 1 pada kanal YouTube Windah Basudara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana khalayak terpenuhi kebutuhannya setelah menonton konten game “Subnautica” episode 1. Paradigma yang digunakan adalah positivisme yang didasarkan oleh perpaduan antara angka dan logika deduktif untuk merancang penelitian dan mengungkapkan fenomena secara objektif. Teori dalam penelitian ini adalah Uses and Gratifications yang memberi asumsi bahwa khalayak memiliki kebebasan untuk memilih media yang dapat memenuhi kebutuhan individunya. Menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode survei, penelitian ini melibatkan 100 responden yang dipilih secara purposive sampling dengan elemen random. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data deskriptif dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwa konten “Subnautica” episode 1 pada kanal YouTube Windah Basudara berpengaruh terhadap pemenuhan kebutuhan informasi pada para subscribers nya dengan persentase sebesar 47,3% dan kebutuhan hiburan sebesar 43,7%, sehingga hipotesis 2 dan 3 diterima. Hal ini mengindikasikan bahwa konten game tersebut berhasil membuat subscriber terhibur, sekaligus memberikan informasi yang bermanfaat tentang game “Subnautica”. Hal ini sesuai dengan teori Uses and Gratifications yang menyatakan bahwa responden secara aktif memiih tayangan sesuai dengan kebutuhan tertentu. Keterbatasan penelitian ini ada pada fokus penelitian yang hanya pada satu episode dari konten "Subnautica" dan mungkin tidak mencerminkan pengalaman keseluruhan dari menonton konten game lainnya. Temuan ini memiliki implikasi bagi para kreator konten tentang pemahaman yang lebih luas mengenai peran media dalam kehidupan masyarakat. Penelitian ini juga memberikan rekomendasi untuk penelitian lebih lanjut agar mengintegrasikan metode kualitatif dengan beberapa variasi konten. Kata Kunci: Konten YouTube, Kebutuhan Informasi, Kebutuhan Hiburan, Subscriber.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 29 Nov 2024 01:50
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36574

Actions (login required)

View Item View Item